IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUSIK PIANIKA PADA KELOMPOK B1 DI TK GRAHA MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rina, Rina (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MUSIK PIANIKA PADA KELOMPOK B1 DI TK GRAHA MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308087_COVER.pdf] Text
PBI_190308087_COVER.pdf

Download (922kB)
[thumbnail of PBI_190308087_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308087_BAB 1.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of PBI_190308087_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308087_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of PBI_190308087_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308087_BAB 3.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of PBI_190308087_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308087_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[thumbnail of PBI_190308087_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308087_BAB 5.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of PBI_190308087_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308087_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rina, 2023. Implementasi Pembelajaran Musik Pianika pada Kelompok B1 di TK Graha Mulia Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska, S.Psi.,M.Pd., Pembimbing II Sudarto, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Seni Musik, Musik Pianika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pembelajaran musik pianika pada kelompok B1 TK Graha Mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran musik pianika pada kelompok B1 di TK Graha Mulia Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023, pelaksanaan pembelajaran musik pianika pada kelompok B1 di TK Graha Mulia Sintang Tahun Pelajaran
2022/2023, dan evaluasi pembelajaran musik pianika pada kelompok B1 di TK Graha Mulia Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian berjumlah 9 orang yang terdiri dari 2 orang guru dan 7 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskritif. Teknik pengumpulan data
menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interactive Model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan
pembelajaran musik pianika pada kelompok B1 di TK Graha Mulia Sintang meliputi kegiatan menyepakati dengan siswa tentang kegiatan musik pianika yaitu setiap hari selasa, menentukan sarana dan prasarana melalui penentuan satu anak satu pianika, menentukan alat penilaian dan evaluasi melalui laporan LPPA dan
menentukan output melalui laporan raport, 2) pelaksanaan pembelajaran musik pianika pada kelompok B1 di TK Graha Mulia Sintang meliputi pemberian nama kegiatan yaitu kelas pianika, persiapan perlengkapan seperti siswa membawa alat
pianika setiap hari selasa, kegiatan inti pembelajaran melalui penjelasan guru tentang cara bermain pianika dan siswa mempraktekkan cara bermain pianika, serta penilaian melalui laporan LPPA, dan 3) evaluasi pembelajaran musik pianika pada
kelompok B1 di TK Graha Mulia Sintang meliputi kegiatan menganalisis berbagai aspek keberhasilan dan kegagalan dalam pencapaian program yng dilakukan dengan cara guru memonitor minat dan bakat anak dalam bermain pianika. Disarankan kepada guru agar memperkenalkan alat musik pianika dengan lebih
sabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:14
Last Modified: 21 Oct 2025 07:14
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item
View Item