STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN KARAKTER JUJUR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI DESA PELIMPING TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Martina, Taliyu (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN KARAKTER JUJUR PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI DESA PELIMPING TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308079_COVER.pdf] Text
PBI_190308079_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_190308079_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308079_BAB 1.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of PBI_190308079_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308079_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of PBI_190308079_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308079_BAB 3.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of PBI_190308079_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308079_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[thumbnail of PBI_190308079_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308079_BAB 5.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of PBI_190308079_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308079_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Martina Taliyu, 2023, Strategi Guru Dalam Mengajarkan Karakter Jujur Pada Anak Usia 5-6 tahun Di TK Pelangi Desa Pelimping Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbing II:
Adpriyadi, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Karakter jujur, Anak TK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum sepenuhnya mengajarkan anak untuk memiliki karakter yang jujur sehingga anak masih berkata dan bertindak tidak jujur. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengajarkan karakter jujur pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumblah 7 orang yang terdiri dari 1 orang guru anak usia 5-6 tahun, dan 6 orang anak usia 5-6 tahun. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulandata, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam mengajarkan karakter jujur pada anak
usia 5-6 tahun di TK Pelangi Desa Pelimping tahun pelajaran 2023/2024 yang muncul pada guru yaitu membiasakan berperilaku jujur dan memberikan keteladanan, 2) Bentuk-bentuk karakter jujur yang diajarkan guru pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Desa Pelimping tahun pelajaran 2023/2024 yang sudah
guru terapkan, yaitu jujur dalam perkataan, jujur dalam pergaulan, jujur dalam kemauan dan jujur dalam berjanji, 3) Faktor yang mempengaruhi guru dalam mengajarkan karakter jujur pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Desa Pelimping tahun pelajaran 2023/2024 yaitu, proses pemahaman terhadap kejujuran itu sendiri, menyediakan sarana yang dapat merangsang tumbuhnya
sikap jujur, dan keteladanan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 indikator yang sudah muncul dari 5 indikator strategi guru dalam mengajarkan karakter jujur dan terdapat 4 indikator yang sudah guru terapkan dari 4 indikator bentuk-bentuk karakter jujur, meskipun masih terdapat
faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam mengajarkan karakter jujur pada anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:16
Last Modified: 21 Oct 2025 07:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item
View Item