ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) (STUDI KASUS PADA SISWA ‘’S’’ DI TK PELITA SEMITAU TAHUN PELAJARAN 2022/2023)

Maria, Marsiana (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) (STUDI KASUS PADA SISWA ‘’S’’ DI TK PELITA SEMITAU TAHUN PELAJARAN 2022/2023). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308078_COVER.pdf] Text
PBI_190308078_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_190308078_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308078_BAB 1.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of PBI_190308078_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308078_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of PBI_190308078_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308078_BAB 3.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of PBI_190308078_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308078_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[thumbnail of PBI_190308078_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308078_BAB 5.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of PBI_190308078_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308078_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Maria Marsiana. 2023. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) (Studi Kasus Pada Siswa’’S’’ Di TK Pelita Semitau Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sudarto, M.Pd. Pembimbing II: Sarayati, M.Pd Kata Kunci: Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan salah satu gangguan perkembangan pada anak yang terjadi di usia 5 tahun. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keterlambatan bicara, serta untuk mengetahui upaya guru dan orang tua dalam membantu anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskritatif kualitatif dengan pendekatan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan keterlambatan bicara usia 5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi keterlambatan berbicara yaitu genetika, pendidikan ibu, dan pola asuh. Faktor eksternal yang mempengaruhi keterlambatan bicara yaitu status
sosial ekonomi, fungsi keluarga, bilingual, jenis displin. Upaya yang dilakukan guru yakni mengajak anak bercakap-cakap, menjalin komunikasi dengan senyuman dan perhatian, selalu menunjukkan kasih sayang melalui ucapan dengan kontak mata, memberikan pujian ketika anak mengucapkan kata yang
benar. Upaya yang dilakukan orang tua yaitu mengajak anak berinteraksi dan berbicara, berbicara dengan anak menggunakan gerak mulut artikulasi yang jelas, dan memperhatikan tata bahasa yang digunakan oleh anak. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi keterlambatan
berbicara (speech delay) pada siswa’’S’’ adalah kurangnya stimulasi dan penanganan yang diberikan oleh orang tua dan guru.
Maria Marsiana. 2023. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) (Studi Kasus Pada Siswa’’S’’ Di TK Pelita Semitau Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sudarto,
M.Pd. Pembimbing II: Sarayati, M.Pd Kata Kunci: Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Keterlambatan berbicara (speech delay) merupakan salah satu gangguan perkembangan pada anak yang terjadi di usia 5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keterlambatan bicara, serta untuk mengetahui upaya guru dan orang tua dalam membantu anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskritatif kualitatif dengan pendekatan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan keterlambatan bicara usia 5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi keterlambatan berbicara yaitu genetika, pendidikan ibu, dan pola asuh. Faktor eksternal yang mempengaruhi keterlambatan bicara yaitu status sosial ekonomi, fungsi keluarga, bilingual, jenis displin. Upaya yang dilakukan
guru yakni mengajak anak bercakap-cakap, menjalin komunikasi dengan senyuman dan perhatian, selalu menunjukkan kasih sayang melalui ucapan dengan kontak mata, memberikan pujian ketika anak mengucapkan kata yang benar. Upaya yang dilakukan orang tua yaitu mengajak anak berinteraksi dan berbicara, berbicara dengan anak menggunakan gerak mulut artikulasi yang jelas, dan memperhatikan tata bahasa yang digunakan oleh anak. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi keterlambatan berbicara (speech delay) pada siswa’’S’’ adalah kurangnya stimulasi dan penanganan yang diberikan oleh orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:16
Last Modified: 21 Oct 2025 07:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item
View Item