HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SINAR MENTARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Magdalena Novia, Nadila (2022) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SINAR MENTARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_180208035_COVER.pdf] Text
PBI_180208035_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_180208035_BAB 1.pdf] Text
PBI_180208035_BAB 1.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of PBI_180208035_BAB 2.pdf] Text
PBI_180208035_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[thumbnail of PBI_180208035_BAB 3.pdf] Text
PBI_180208035_BAB 3.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of PBI_180208035_BAB 4.pdf] Text
PBI_180208035_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[thumbnail of PBI_180208035_BAB 5.pdf] Text
PBI_180208035_BAB 5.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of PBI_180208035_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_180208035_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Magdalena Novia Nadila, 2022. Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Sinar Mentari Tahun Pelajaran 2021/2022, Skripsi, Program Studi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbingan II: Yohanes Berkhmas
Mulyadi, S.Fil., M.Psi Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Perkembangan Sosial Emosional Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang terjadi di lapangan yaitu
sekolah TK Sinar Mentari. Adanya kemampuan sosial emosional yang dimiliki anak berbeda-beda serta cara penerapan pola asuh demokratis yang tentunya tidak sama dari setiap orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana pola asuh
demokratis yang diterapkan oleh orang tua, (2) bagaimana perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mentari, (3) dan untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6
tahun di TK Sinar Mentari. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode
kuantitatif dan bentuk penelitian adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yaitu 20 orang tua dan 20 orang siswa TK Sinar Mentari. Teknik pengambilan sampel dengan Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola asuh demokratis yang orang tua terapkan sangat baik dilihat dari hasil perolehan nilai angket sebesar 1569 dengan rata-rata 92,29% termasuk dalam kategori sangat baik, (2) perkembangan sosial
emosional anak usia 5-6 tahun di TK Sinar Mantari adalah sangat baik dilihat dari hasil perolehan nilai angket sebesar 1617 dengan rata-rata 89,83% termasuk dalam kategori sangat baik, (3) terdapat hubungan yang signifikan anatra pola asuh demokratis dengan
perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan nilai rhitung 0,600 > rhitung 0,44 dan nilai signifikansinya 0,005 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:16
Last Modified: 21 Oct 2025 07:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item
View Item