ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MAWAR DESA BANING PANJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Junita Ngata, Vicente (2022) ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MAWAR DESA BANING PANJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_180208031_COVER.pdf] Text
PBI_180208031_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_180208031_BAB 1.pdf] Text
PBI_180208031_BAB 1.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of PBI_180208031_BAB 2.pdf] Text
PBI_180208031_BAB 2.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of PBI_180208031_BAB 3.pdf] Text
PBI_180208031_BAB 3.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of PBI_180208031_BAB 4.pdf] Text
PBI_180208031_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[thumbnail of PBI_180208031_BAB 5.pdf] Text
PBI_180208031_BAB 5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of PBI_180208031_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_180208031_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Junita Ngata Vicente, 2022. Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Mawar Desa Baning Panjang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Persada Kahtulistiwa Sintang. Pembimbing I : Adpriyadi, M.Pd, Pembimbing II: Sudarto, M.Pd Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan bahasa anak usia 56
tahun, faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun, dan upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan
bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perkembangan
bahasa anak usia 5-6 tahun sudah berkembang sangat baik yaitu menjawab pertanyaan lebih kompleks sudah berkembang, menyebutkan kelompok gambar sesuai yang memiliki bunyi sama, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan menulis dan
berhitung, menyusun kalimat sederhana, memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain, melanjutkan sebuah cerita atau dongeng yang telah diperdengar, menunjukan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita, 2) Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yaitu faktor kesehatan, intelegensi, status sosial ekonomi, jenis kelamin, hubungan keluarga, dan 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun yaitu, metode bercerita, metode bercakap-cakap, metode kartu bergambar, metode bernyanyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:17
Last Modified: 21 Oct 2025 07:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item
View Item