ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIES ANIMASI UPIN DAN IPIN

Juliana, Novi (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIES ANIMASI UPIN DAN IPIN. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308068_COVER.pdf] Text
PBI_190308068_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_190308068_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308068_BAB 1.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of PBI_190308068_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308068_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[thumbnail of PBI_190308068_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308068_BAB 3.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of PBI_190308068_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308068_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[thumbnail of PBI_190308068_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308068_BAB 5.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of PBI_190308068_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308068_LAMPIRAN.pdf

Download (552kB)

Abstract

Juliana Novi. 2023, Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Series Animasi Upin dan Ipin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd., Pembimbing II: Sudarto, M.Pd. Kata kunci: nilai-nilai, pendidikan, karakter, animasi, Upin dan Ipin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh film animasi series animasi Upin dan Ipin menjadi tontonan favorit anak-anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis nilai-nilai karakter yang terkandung dalam series animasi Upin dan Ipin rajin menyimpan bijak belanja musim 15, 2) Menganalisis nilai-nilai karakter
yang terkandung dalam series animasi Upin dan Ipin temanku Susanti musim 16, dan 3) Bagaiman relevansi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam animasi Upin dan Ipin yang berjudul “rajin menyimpan bijak belanja” dan “temanku susanti” pada Anak Usia Dini. Metode penelitian ini menggunakan
metode kepustakaan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen dan kartu data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam animasi Upin dan Ipin rajin menyimpan bijak belanja musim 15 terdapat 12 nilai karakter yaitu: peduli sosial, mandiri, kreatif, rasa ingin tahu,toleransi, kerja keras, religius, menghargai prestasi, tanggung jawab, cinta damai, barsahabat/komunikatif, disiplin. 2) Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam animasi Upin dan Ipin temanku Susanti musim 16 terdapat 15 nilai karakter yaitu: bersahabat/komunikatif, religius, jujur, toleransi, rasa ingin tahu, peduli sosial, demokratis, cinta damai, tanggung jawab, disiplin, cinta tanah air, menghargai prestasi, kreatif, semangat kebangsaan, kerja keras. 3) Relevansi nilainilai pendidikan karakter yang terkandung dalam animasi Upin dan Ipin adalah nilai karakter toleransi, disiplin, jujur, dan mandiri, bersahabat, peduli sosial, dan
religius. Kesimpulan dari penelitian ini adalah film animasi series Upin dan Ipin pada judul “rajin menyimpan bijak belanja” musim 15 dan “temanku Susanti” musim 16 terdapat 16 nilai pendidikan karakter yang memiliki relevansi terhadap perkembangan karakter anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:17
Last Modified: 21 Oct 2025 07:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2446

Actions (login required)

View Item
View Item