Henny, Norita (2024) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK (STUDI KASUS PADA SISWA “O” DI TK PERTIWI BINJAI HULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_200408105_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_200408105_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_BAB 1.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of PBI_200408105_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (262kB)
![[thumbnail of PBI_200408105_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_BAB 3.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of PBI_200408105_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
![[thumbnail of PBI_200408105_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_BAB 5.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of PBI_200408105_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408105_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Henny Norita, 2024. Peran Guru Dalam Menanamkan Kemandirian Anak (Studi Kasus Pada Siswa “O” di TK Pertiwi Binnjai Hulu Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbig I: Adpriyadi, M.Pd, Pembimbing II: Sarayati, M.Pd
Kata Kunci : Peran Guru, Kemandirian Anak Usia Dini Penelitian ini berlatar belakang tentang kemandirian anak usia dini pada siswa
“O” di TK Pertiwi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kemandirian anak usia dini, peran dan upaya guru serta faktor penghambat dalam menanamkan kemandirian pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen dalam analisis (Interactive Model) yang terdiri dari data Collection, data Reduction (Reduksi Data), data Display (penyajian Data), conslusion Drawing (Verification). Hasil penelitian diperoleh bahawa bentuk kemandirian anak pada siswa “O” untuk
kemampuan fisik sudah mulai berkembang baik, selanjutnya siswa “O” juga sudah bisa berbagi, dan mengendalikan emosinya. Guru berperan sebagai pelatih dan pembimbing serta motivator bagi siswa “O” dalam menanamkan kemandirian anak. Adapun yang menjadi faktor penghambat guru dalam menanamkan kemandirian anak pada siswa “O” berasal dari faktor internal dan eksternal. Kendatipun demikian guru telah berupaya memberikan kepercayaan, pembiasaan dan kedisipinan pada siswa “O” dalam menanamkan kemandirian anak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa “O” mulai bisa melakukan kegiatan sehari-harinya sendiri yang didukung dengan peran guru, meskipun ada berbagai
faktor penghambat namun guru harus berupaya agar kemandirian anak di usia dini dapat terwujud dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:18 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2440 |