PERMAINAN CONGKLAK DALAM MENANAMKAN NILAI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELITA KASIH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Diana, Noveka (2024) PERMAINAN CONGKLAK DALAM MENANAMKAN NILAI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELITA KASIH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408101_COVER.pdf] Text
PBI_200408101_COVER.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of PBI_200408101_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408101_BAB 1.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of PBI_200408101_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408101_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of PBI_200408101_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408101_BAB 3.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of PBI_200408101_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408101_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[thumbnail of PBI_200408101_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408101_BAB 5.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of PBI_200408101_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408101_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diana Noveka, 2024. Permainan congklak dalam menanamkan nilai sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Kasih Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi Pembimbing II: Suryameng, M.Pd Kata kunci: Permainan congklak dan Nilai sosial emosional Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan permainan congklak
dalam menanamkan nilai sosial emosional anak usia 5-6 tahun. 2) Nilai-nilai sosial emosional dalam permainan congklak. 3) Langkah-langkah bermain congklak. Subjek penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 1 guru kelas dan 12 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan permainan congklak dalam menanamkan nilai sosial emosional anak usia 5-6 tahun yaitu: guru mengenalkan media dan alat-alat yang akan digunakan anak-anak untuk bermain congklak, guru menjelaskan aturan dan cara bermain
congklak, guru mengawasi dan mendampingi Ketika siswa sedang bermain congklak dalam hal ini anak-anak mengenal media dan alat-alat untuk bermain congklak kemudian mereka mengerti bagaimana cara bermain congklak serta setiap kali masing-masing anak bermain congklak guru mengawasi dan mendampingi mereka pada saat bermain ini bertujuan untuk mengarahkan
jalannya permainan congklak jika diperlukan. 2) Nilai-nilai sosial emosional dalam permainan congklak yaitu: anak dapat berinteraksi dan bersosial dengan guru dan temannya, anak-anak bisa mengenal aturan bermain congklak dan dapat taat terhadap aturan tersebut, anak belajar sabar Ketika menunggu giliran bermain, menanamkan kejujuran saat bermain congklak, menanamkan kepercayaan diri serta adanya nilai Kerjasama Ketika sedang bermain congklak. Nilai sosial emosional dalam permainan ini dapat tersampaikan dan tertanam pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Kasih Sintang. Hal ini terlihat Ketika anak-anak sedang
bermain congklak 3) Langkah-langkah bermain congklak, anak yang bermain congklak di TK Pelita Kasih Sintang ini menunjukkan bahwa: melalui penelitian ini dapat memperkenalkan permainan Tradisional congklak kepada TK Pelita Kasih Sintang yang awalnya di sekolah tersebut belum pernah ada permainan congklak sehingga Ketika sudah diperkenalkan dan kemudian anak bermain
mereka bisa bermain congklak ini walaupun masih ada anak yang perlu arahan Ketika sedang bermain congklak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:18
Last Modified: 21 Oct 2025 07:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item
View Item