Ernagi, Ernagi (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TAMAN KARYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_190308064_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_COVER.pdf
Download (713kB)
![[thumbnail of PBI_190308064_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_BAB 1.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of PBI_190308064_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (376kB)
![[thumbnail of PBI_190308064_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_BAB 3.pdf
Download (623kB)
![[thumbnail of PBI_190308064_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (397kB)
![[thumbnail of PBI_190308064_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_BAB 5.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of PBI_190308064_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308064_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Ernagi. 2023. ―Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Media Flashcard Pada Anak Kelompok A Di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023.‖ Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Persada
Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi. Pembimbing II: Sudarto, M.Pd. Kata Kunci: Meningkatkan Bahasa Indonesia, Media Flashcard Penelitian ini dilakukan karena kurangnya guru menggunakan media flashcard dan kurangnya
guru menggunakan bahasa Indonesia ketika anak belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Penggunaan media flashcard pada anak kelompok A di TK Taman Karya,
2) Peningkatan kemampuan berbahasa indonesia anak kelompok A TK Taman Karya, 3) Respon siswa kelompok A TK Taman Karya. Narasumber dalam penelitian ini siswa kelompok A di TK Taman Karya yang terdiri dari 8 anak. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari data collection, display, reduction dan conclusions. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Hasil observasi aktivitas guru siklus I dan
siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,45%, dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,67%(2) Terdapat peningkatan kemampuan
berbahasa Indonesia siswa kelompok A di TK Taman Karya melalui media flashcard. Hasil peningkatan berbahasa Indonesia siklus I diperoleh nilai rata-rata 62% sedangkan siklus II meningkat menjadi 86,62%. Pada siklus I ketuntasan klasikal bahasa Indonesia siswa 62,5% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% sehingga mengalami peningkatan sebesar 24,62%. (3) Respon siswa dalam pembelajaran menggunakan media flashcard dalam
meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada siswa kelompok A di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023 siswa menyatakan senang mengikuti pembelajaran menggunakan
media flashcard hal ini diperkuat oleh hasil wawancara guru yang menyatakan anak tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan media flashcard. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa guru sudah menggunakan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia pada anak kelompok A di TK Taman Karya Tahun Pelajaran
2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:18 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:18 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2433 |