PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK KESULITAN BERBICARA (STUDI KASUS PADA SISWA „„H‟‟ TK A LANDAU BIU TAHUN PELAJARAN 2023/2024)

Devi Cempaka, Sari (2024) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK KESULITAN BERBICARA (STUDI KASUS PADA SISWA „„H‟‟ TK A LANDAU BIU TAHUN PELAJARAN 2023/2024). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408100_COVER.pdf] Text
PBI_200408100_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200408100_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408100_BAB 1.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of PBI_200408100_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408100_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of PBI_200408100_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408100_BAB 3.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of PBI_200408100_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408100_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[thumbnail of PBI_200408100_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408100_BAB 5.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of PBI_200408100_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408100_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Devi Cempaka Sari. 2024. Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Kesulitan Berbicara (Studi Kasus Pada Siswa ‘‘H’’ TK Landau Biu Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1:Sarayati M.Pd :Pembimbing II: Sudarto M.Pd
Kata Kunci: Peran Guru, Peran Orangtua, Kesulitan Bicara, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan bicara pada anak seperti artikulasi yang kurang jelas dan belum sempurna dalam mengucapkan kata, sehingga peran guru dan orangtua sangat penting dalam mendampingi anak yang mengalami
kesulitan bicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Gejala Kesulitan berbicara siswa ‗‗H‘‘. (2) peran guru dan orang tua dalam mendampingi kesulitan berbicara siswa ―H‖. (3) upaya guru dan orang tua dalam mendampingi
kesulitan berbicara siswa ―H‖. Metode penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Penelitian
ini dilakukan pada siswa H, orangtua siswa H dan guru TK Landau Biu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) anak mengalami kesulitan berbicara. (2) Peran guru dalam mendampingi anak yang kesulitan bicara adalah : guru Sebagai Pengajar, Sebagai pendidik, Sebagai pembimbing, Sebagai teladan, Sebagai evaluator, Sebagai inspirator. Sedangkan peran orang tua dalam mendampingi
anak yang kesulitan bicara adalah : Orang tua sebagai pembimbing Orang tua sebagai pendidik, Orang tua sebagai pemberi contoh, Orang tua sebagai pengawas dan pengontrol. (3) upaya guru dan orang tua menunjukkan bahwa semua indikator terpenuhi yang artinya ada upaya guru dan orang tua dalam mendampingi kesulitan berbicara siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
guru dan orangtua dalam mendampingi anak yang mengalami kesulitan bicara pada anak TK Landau Biu Belimbing Tahun pelajaran 2023/2024 masih belum maksimal, karena dengan tidak memahami fase anak, tidak menyediakan media, serta tidak memberikan reward dapat menyebabkan anak tidak bersemangat untuk belajar bicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:17
Last Modified: 21 Oct 2025 07:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item
View Item