Dayang, Neliyana (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD CERDAS SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_190308061_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_190308061_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_BAB 1.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of PBI_190308061_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (402kB)
![[thumbnail of PBI_190308061_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_BAB 3.pdf
Download (581kB)
![[thumbnail of PBI_190308061_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (456kB)
![[thumbnail of PBI_190308061_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_BAB 5.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of PBI_190308061_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_190308061_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Dayang Neliyana. 2023. “upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak menggunakan media kartu kata bergambar kelompok A PAUD Cerdas Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini STKIP Persada Katulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbing II :Sarayati , M.Pd Kata kunci: Meningkatkan kemampuan bahasa,kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak menggunakan media kartu kata bergambar kelompok A PAUD
Cerdas Sintang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah Penelitian tindakan kelas (classrom action research). Model yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart dengan tahapan: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah subjek penelitian yaitu 20 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh: Penerapan media kartu kata bergambar memperoleh
skor aktivitas guru siklus I, 54,75% dan siklus II, 92,85%. Skor aktivitas anak siklus I,55,21% dan siklus II , 84,44%. Hasil observasi aktivitas anak pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 55,21% (cukup), sedangkan hasil observasi aktivitas anak pada siklus II sebesar 84,44% (sangat baik). Hal ini berarti hasil
observasi aktivitas siswa mencapai tingkat maksimal sehingga berpengaruh pada peningkatan perkembangan kemampuan bahasa anak. Perkembangan kemampuan bahasa melalui media kartu kata bergambar mengalami peningakatan pada anak
yang setiap siklusnya ditandai dengan presentase indikator pencapaian kemampuan bahasa dengan penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus I pertemuan I dari 20 anak yang memberikan BSH yaitu 0%, pertemuan ke II yaitu 30% dan pertemuan ke III 30%. Pada siklus II pertemuan I dari 20 anak
Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu 60%, pertemuan ke II yaitu 60% danpertemuanke III yaitu 55%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:17 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2430 |