MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 DI KELAS IV SDN 29 NENAK TEMBULAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yulius Edy, Sumarlin (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 DI KELAS IV SDN 29 NENAK TEMBULAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061479_COVER.pdf] Text
PBI_1809061479_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061479_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061479_BAB 1.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of PBI_1809061479_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061479_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[thumbnail of PBI_1809061479_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061479_BAB 3.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of PBI_1809061479_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061479_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[thumbnail of PBI_1809061479_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061479_BAB 5.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of PBI_1809061479_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061479_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yulius Edy Sumarlin . 2022, media gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Subtema 1 indahnya kebersamaan Kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I:Eliana Yunitha Seran , M.Pd., Pembimbing II: Agusta Kurniwati , M.Pd. Kata Kunci : Hasil belajar ips , media gambar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN 29 Nenak Tembulan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022 dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 29 Nenak Tembulan yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SDN 29 Nenak Tembulasn . Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 12 siswa atau 48% dan belum tuntas ada 13 siswa atau 52%.
Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas71,92, ketuntasan ada 15 siswa atau 60% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 40% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 6,16, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 76,90 dan ketuntasan ada 22 siswa atau 88% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 12%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab
pertanyaan dan mengemukkan pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:30
Last Modified: 21 Oct 2025 07:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item
View Item