ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOBAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Violeta, Violeta (2021) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOBAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_141006943_COVER.pdf] Text
PBI_141006943_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_141006943_BAB 1.pdf] Text
PBI_141006943_BAB 1.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of PBI_141006943_BAB 2.pdf] Text
PBI_141006943_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[thumbnail of PBI_141006943_BAB 3.pdf] Text
PBI_141006943_BAB 3.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of PBI_141006943_BAB 4.pdf] Text
PBI_141006943_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[thumbnail of PBI_141006943_BAB 5.pdf] Text
PBI_141006943_BAB 5.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of PBI_141006943_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_141006943_LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Violeta.2021. Analisis Pola Asuh Orang Tua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah di masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nobal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Antonius Edy Setyawan, S.Kom.,M.Pd. Pembimbing II: Olenggius Jiran Dores, S,Pd M.Pd. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Belajar dari Rumah, Pandemi Covid-19.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pola orang tua mendampingi anak belajar dari rumah di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Nobal tahun pelajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah Orang Tua, Siswa dan Guru kelas IV. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi
langsung, kuesioner atau angket dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan menjadi dua pola asuh yang diterapkan masing-masing orang tua adalah 61,54% pola asuh otoriter dan 38,46% pola asuh
demokratis. Dampak pola asuh orang tua yang diterapkan mendampingi anak belajar dari rumah di masa pandemi covid-19. Pola asuh otoriter selain memberikan dampak negatif pada perilaku anak seperti pemalu, penakut, pasif, pendiam, suka membangkang, namun di balik sikap kera nya pola asuh orang tua tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perilaku anak seperti anak
menjadi penurut tidak susah diatur dan disiplin. Pola asuh demokratis pola asuh demokratis tidak memberikan dampak negatif pada perilaku anak karena memberikan kesempatan bagi anak untuk berpendapat dan bertindak, membimbing dan mengarahkan tanpa memaksa kehendak, memberikan solusi jika anak kesulitan dalam belajar, memberi pujian dan atau hadiah kepada anak hal ini
akan memberikan dampak pada perilaku anak disiplin, mandiri, bertanggung jawab, jujur, aktif, ceria, berorientasi pada prestasi, dewasa. Faktor yang mempengaruhi pola asuh otoriter dan demokratis yang diterapkan orang tua mendampingi anak belajar dari rumah di masa pandemi covid-19 yaitu: faktor sosial ekonomi dan pendidikan orang tua. Kesimpulannya adalah pola asuh yang
terjadi pada siswa yakni pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:30
Last Modified: 21 Oct 2025 07:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item
View Item