ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 17 SEGUNTUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Veronika Yunita Triana, Putri (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 17 SEGUNTUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1607061181_COVER.pdf] Text
PBI_1607061181_COVER.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of PBI_1607061181_BAB 1.pdf] Text
PBI_1607061181_BAB 1.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of PBI_1607061181_BAB 2.pdf] Text
PBI_1607061181_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of PBI_1607061181_BAB 3.pdf] Text
PBI_1607061181_BAB 3.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of PBI_1607061181_BAB 4.pdf] Text
PBI_1607061181_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[thumbnail of PBI_1607061181_BAB 5.pdf] Text
PBI_1607061181_BAB 5.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of PBI_1607061181_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1607061181_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Veronika Yunita Triana Putri. 2022. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 17 Seguntung Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Emilia Dewiwati Pelipa, M.M. Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., M.M. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang paling dihindari oleh siswa sehingga banyak dari siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan factor penyebab kesulitan belajar matematika. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengembangkan konsep sensitivitas pada masalah yang dihadapi, menerangkan realitas dan mengembangkan pemahaman dari fenomena yang di hadapi. Temuan dilapangan diperoleh: 1) Kesulitan belajar matematika secara umum siswa kelas III SD Negeri 17 Seguntung terdapat di faktor intelektual dan faktor pedagogik. Sedangkan kesulitan khusus terdapat di factor kesulitan dalam memecahkan masalah. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar
matematika secara internal siswa kelas III SD Negeri 17 Seguntung terdapat di faktor motivasi belajar, faktor sikap dalam belajar, dan faktor kesehatan fisik. Sedangkan faktor eksternal terdapat di faktor lingkungan keluarga. 3) Cara mengatasi kesulitan belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 17 Seguntung yaitu penggunaan media ataupun alat peraga dalam mengajar, mengajak siswa membuat kesimpulan secara bersama, menggunakan bahasa yang mudah
dipahami siswa, serta mengadakan remedial bagi siswa yang tidak tuntas. Dapat disimpulkan kesulitan belajar matematika terjadi secara internal maupun eksternal yang dipengarungi berbagai faktor sehingga guru perlu lebih memotivasi siswa agar bisa memahami pelajaran matematika dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:29
Last Modified: 21 Oct 2025 07:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item
View Item