Uun, Handayani (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 7 SINTANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1809061517_COVER.pdf
Download (517kB)
PBI_1809061517_BAB 1.pdf
Download (244kB)
PBI_1809061517_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (182kB)
PBI_1809061517_BAB 3.pdf
Download (480kB)
PBI_1809061517_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (391kB)
PBI_1809061517_BAB 5.pdf
Download (127kB)
PBI_1809061517_LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Uun Handayani, 2022. Pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 7 Sintang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I :Agusta Kurniati, M.Pd, Pembimbing II : Sirilus Sirhi S.TP.MM Kata Kunci : Pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 7 Sintang. Hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 7 Sintang sebagai salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran yang masih rendah. Selama ini guru masih minim dalam menggunakan variasi metode atau strategi pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan strategi pembelajaran crossword puzzle yang dirasa cocok untuk meningkatkan hasil belajar
kognitif siswa. Masalahdalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik siswa? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 7 Sintang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk penelitian desain non equivalent control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 47 siswa, yang terbagai
dalam 2 (dua) kelas, kelas VA sebagai kelas eksperimendan siswa kelas VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, soaltes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 7 Sintang tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji dimana nilai sig (2-tailed) < α (0.001 < 0.05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan
yang signifikan hasil belajar tematik siswa antara kelas eksperimen dan kelas control yang mengindikasikan terdapat pengaruh strategi
pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 7 Sintang tahun ajaran 2021/2022.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:31 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:31 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2314 |

