PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH PADA BUKU TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA 4 KELAS V SD NEGERI 03 MENSIKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Triningsih Virna Aurelia, Alda Yeni (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH PADA BUKU TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA 4 KELAS V SD NEGERI 03 MENSIKU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061472_COVER.pdf] Text
PBI_1809061472_COVER.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of PBI_1809061472_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061472_BAB 1.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of PBI_1809061472_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061472_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[thumbnail of PBI_1809061472_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061472_BAB 3.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of PBI_1809061472_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061472_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[thumbnail of PBI_1809061472_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061472_BAB 5.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of PBI_1809061472_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061472_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Triningsih Virna Aurelia Alda Yeni. 2022. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Bahasa Daerah Pada Buku Tematik Tema 9 Subtema 4 Kelas V SD Negeri 03 Mensiku Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II : Yudita Susanti, S.S., M.Pd.Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Bahasa Daerah Tujuan penelitian ini adalah bertujuan untuk membuat, mengembangkan dan mengetahui kelayakan perangkat pengembangan bahasa daerah pada buku tematik
tema 9 subtema 4 kelas V SD Negeri 03 Mensiku yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran. Pendekatan penelitian yaitu menggunakan tehnik penelitian R&D (Research and Development) model dick and carey. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran bahasa daerah terdiri dari dua kali
pertemuan. Alat pengumpulan data berupa lembar wawancara, angket, lembar observasi, lembar validasi expert judgement, lembar validitas konstruk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemerolehan skor penilaian kelayakan lembar observasi memperoleh skor 80 dengan kategori sangat layak, pemerolehan skor penilaian kelayakan lembar validasi expert judgement
memperoleh skor 80 dengan kategori sangat layak, pemerolehan skor penilaian kelayakan lembar validitas konstruk memperoleh skor 76 dengan kategori layak, pemerolehan skor penilaian kelayakan lembar angket memperoleh skor 80 dengan kategori sangat layak, pemerolehan skor penilaian kelayakan lembar wawancara
memperoleh skor 80 dengan kategori sangat layak. Kondisi faktual di SD Negeri 03 mensiku sudah menerapkan kurikulum 2013 akan tetapi didalam penerapannya guru tidak penah membuat RPP didalam kegiatan belajar mengajar. Hasil perkembangan perangkat pembelajaran pada uji coba lapangan yang memuat dua kali pertemuan dan satu kali pembagian lembar angket termasuk pada kategori Sangat Baik, jumlah skor pada angket yaitu dengan jumlah skor 1.058 dan presentase 81,38%. 3. Persentase hasil Penilaian Kelayakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema 9 Subtema 4 termasuk kriteria Sangat Layak yaitu dengan presentase 90% sedangkan Penilaian Kelayakan Isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tema 9 Subtema 4 termasuk kriteria Layak yaitu dengan persentase 94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:31
Last Modified: 21 Oct 2025 07:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item
View Item