PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SDN 01 KENUKUT KECAMATAN KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Tena, Mariyana (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B SDN 01 KENUKUT KECAMATAN KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061469_COVER.pdf] Text
PBI_1809061469_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061469_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061469_BAB 1.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of PBI_1809061469_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061469_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of PBI_1809061469_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061469_BAB 3.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of PBI_1809061469_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061469_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[thumbnail of PBI_1809061469_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061469_BAB 5.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of PBI_1809061469_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061469_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mariyana, Tena. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SD Negeri 01 Kenukut Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd., Pembimbing ke II: Antonius Edy Setyawan, S.Kom., M.Pd. Kata Kunci: Metode, Time, Token, Arends, Belajar, Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih banyak belum mencapai KKM serta metode pembelajaran yang masih konvensional dan juga
belum pernah diterapkan metode time token arends di SD Negeri 01 Kenukut proses pembelajaran menggunakan metode ceramah atau kontekstual dengan hasil belajar siswa diperoleh 62% siswa yang tidak tuntas dan 37% yang tuntas pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran time token arends siswa pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test) kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol, perbedaan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran time token arends siswa pada pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test) kelompok eksperimen, dan mengetahui respon siswa terhadap metode pembelajaran time token arends. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimental Design. Hasil penelitian menunjukan: Hasil belajar siswa tidak terdapat perbedaan dan terdapat perbedaan pada pre-test- post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil angket post-test kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 75% kriteria sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode time token arends
berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Kenukut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:18
Last Modified: 22 Oct 2025 02:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item
View Item