PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD NEGERI 05 PENINJAU

Sukma, Sukma (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD NEGERI 05 PENINJAU. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061596_COVER.pdf] Text
PBI_1809061596_COVER.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of PBI_1809061596_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061596_BAB 1.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of PBI_1809061596_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061596_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of PBI_1809061596_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061596_BAB 3.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of PBI_1809061596_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061596_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of PBI_1809061596_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061596_BAB 5.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of PBI_1809061596_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061596_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sukma. 2022, Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Pemahaman Siswa kelas II SD Negeri 05 Peninjau. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si.,M.Pd. Pembimbing II: Thomas Joni Verawanto Aristo,M.Pd. Kata Kunci : Media Gambar, Pemahaman
Penelian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Penggunaan Media gambar dalam pemahaman Siswa Kelas II SD Negeri 05 Peninjau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitiannya adalah eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar dan variabel terikat adalah pemahaman. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 05 Peninjau. Dalam kelas II terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas II A dan kelas II B. Dan untuk kelas II A dijadikan sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 7 orang dan kelas II B dijadikan kelas Kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes pemahaman dan lembar dokumentasi. Selanjutnya pemahaman siswa dengan media gambar akan dianalisis dengan teknik analisis hasil observasi, teknik analisis angket, dan analisis hasil tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut, bahwa
perhitungan persentase angket diperoleh nilai persentase angket sebesar 26,07%. Maka dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap Pengaruh Penggunaan Media Peraga Terhadap Pemahaman Siswa kelas II SD Negeri 05 Peninjau adalah “Sangat Kuat”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:17
Last Modified: 22 Oct 2025 02:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item
View Item