ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 12 MERAHAU KECAMATAN KAYAN HULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Friskilla, Friskilla (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 12 MERAHAU KECAMATAN KAYAN HULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061686_COVER.pdf] Text
PBI_1910061686_COVER.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061686_BAB 1.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061686_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061686_BAB 3.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061686_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061686_BAB 5.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_BAB 6.pdf] Text
PBI_1910061686_BAB 6.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of PBI_1910061686_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061686_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Friskilla. 2023. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Dalam
Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 12 Merahau Kecamatan Kayan Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Markus Iyus Supiandi, M.Pd., Pembimbing II: Agusta Kurniati,M.Pd.Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis yang belum diaplikasikan oleh semua siswa di Kelas IV SDN 12 Merahau Tahun pelajaran 2022/2023. Fokus penelitian adalah keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV SDN 12 Merahau tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis
siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN 12 Merahau Kecamatan Kayan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 12 Merahau. Subyek penelitian ini adalah wali kelas IV dan siswa kelas IV SDN 12 Merahau yang berjumlah 23 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar
dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV SDN 12 Merahau masuk dalam kategori baik. Setiap siswa berbeda dalam mengikuti proses pembelajaran, ada siswa yang menerima respon secara cepat, dan ada pula yang lambat dalam menerima respon,
maka dari itu guru harus memilih metode, teknik, dan media yang tepat ketika proses pembelajaran. Metode dan proses yang memaksimalkan keterampilan berpikir kritis siswa merupakan proses pembelajaran berbasis masalah. Beberapa faktor memengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa, antara lain faktor internal
(kondisi peserta didik), faktor ekternal (kondisi lingkungan belajar), dan faktor pendekatan belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar. Upaya guru memaksimalkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu mengelola dan membuat pembelajaran lebih menarik yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa, menerapkan metode dan proses saat mengajar dengan cara melakukan strategi yang seimbang, memberikan motivasi dan memberi reward bagi siswa yang bisa menjawab serta mendukung siswa agar mudah memahami materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:17
Last Modified: 22 Oct 2025 02:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item
View Item