Frans, Renaldi (2023) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI TEMA 1 SUBTEMA 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 03 NANGA KALAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1910061719_COVER.pdf
Download (1MB)
PBI_1910061719_BAB 1.pdf
Download (376kB)
PBI_1910061719_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (693kB)
PBI_1910061719_BAB 3.pdf
Download (734kB)
PBI_1910061719_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (715kB)
PBI_1910061719_BAB 5.pdf
Download (242kB)
PBI_1910061719_LAMPIRAN.pdf
Download (10MB)
Abstract
Frans Renaldo.2023. Penerapan Problem Based Learing (PBL) Pada Materi Tema 1 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 03 Nanga Kalan Tahun Pelajaran 2023/2024.. Skripsi: Program Studi PGSD STKIP Persada Katulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi Wibowo,M.Pd , Pembimbing II : Sirilus Sirhi,S.TP.,M.M. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Problem Based Learing
(PBL) Pada Materi Tema 1 Subtema 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri 03 Nanga Kalan. Mendeskripsikan cara guru mendesain pembelajaran melalui metode penelitian model Problem Based Learing (PBL). Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode penelitian model Problem Based Learing (PBL) pada siswa kelas V SD Negeri 03 Nanga Kalan. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah lembar observasi, tes , wawancara, dokumentasi. Pada siklus I hasil penelitian menunjukan, hasil skor dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari 14 siswa yang mengikuti tes hanya 9 siswa yang tuntas dan 5 siswa tidak tuntas. Nilai rata-ratannya adalah 69,51%. Pada siklus II hasil yang
diperoleh meningkat yaitu hasil tes ketuntasan 14 siswa yang lulus, dan semua siswa dinyatakan tuntas 100% dengan skor rata-rata 89,04% dan ketuntasan klasikal 100%. Dapat disimpulkan secara umum bahwa dengan menerapkan Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 di kelas V SD Negeri 03 Nanga
Kalan Tahun Pelajaran 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:17 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:17 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2298 |

