Elsa, Normanti (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS III SD NEGERI 10 KERAPA SEPAN KECAMATAN KAYAN HILIR KABUPATEN SINTANG) TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1910061679_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1910061679_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_BAB 1.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of PBI_1910061679_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (362kB)
![[thumbnail of PBI_1910061679_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_BAB 3.pdf
Download (316kB)
![[thumbnail of PBI_1910061679_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (690kB)
![[thumbnail of PBI_1910061679_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_BAB 5.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of PBI_1910061679_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061679_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Elsa Normanti. 2023.Analisis Kesulitan Belajar Siswa ( Studi Kasus Siswa Kelas III SD Negeri 10 Kerapa Sepan Kecamatan Kayan Hilir Kabupaten Sintang ) Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi S-1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M.Pd, Pembimbing II: Adpriyadi, M.Pd. Kata Kunci:Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis, Faktor Penyebab. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa kelas III SD Negeri 10 Kerapa Sepan, faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan belajar
siswa dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan bentuk studi kasus. Subjek penelitian guru, siswa kelas III yang berjumlah 2 orang yang berinisial N dan D, dan orang tua siswa.Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil yaitu; 1) Kesulitan belajar siswa N dan D adalah
kesulitan membaca dan menulis: siswa belum bisa mengidentifikasikan secara keseluruhan huruf vokal dan konsonan, siswa juga belum sepenuhnya hafal abjad karena masih ada beberapa huruf atau abjad yang tidak disebutkan, kurang jelas
dalam penyebutan kata yang diucapkan, siswa juga tidak bisa membaca tanpa mengeja dan tulisan siswa masih ada huruf yang hilang atau bentuk huruf yang terbalik. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa yaitu faktor kesehatan dan faktor dari orang tua yang kurang mengawasi waktu belajar anak. 3) Upaya dilakukan guru dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa adalah dengan memberi pendekatan khusus dan juga guru selalu memberi motivasi dan bimbingan kepada siswa yang berkesulitan belajar. Upaya yang dapatorang tua lakukan untuk mengatasi kesulitan belajar yakni selalu menyediakan segala fasilitas belajar untuk anak, mengenali kesulitan belajar anak, mengawasi kegiatan belajar dan waktu belajar anak serta
memberikan motivasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:19 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:19 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2289 |