IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 5 BELOYANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dwi, Febrianti (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 5 BELOYANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061645_COVER.pdf] Text
PBI_1910061645_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1910061645_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061645_BAB 1.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of PBI_1910061645_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061645_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[thumbnail of PBI_1910061645_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061645_BAB 3.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of PBI_1910061645_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061645_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of PBI_1910061645_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061645_BAB 5.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of PBI_1910061645_LAMPPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061645_LAMPPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dwi Febrianti. 2022, Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV di SD Negeri 5 Beloyang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I. Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd, Pembimbing II. Anna Marganingsih, S.E., M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning dan Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Latar belakang dalam penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa pada kelas IV di SD Negeri 5 Beloyang masih tergolong rendah. Rendahnya keaktifan belajar siswa ini disebabkan kurang efektifnya pembelajaran yang dilaksanakan yang ditandai dengan penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, dan metode pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini
untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada siswa Kels IV di SD Negeri 5 Beloyang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan bentuk (PTK). Data penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan tahap terakhir adalah menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan belajar dari siklus I yaitu sebesar 60% dan siklus II sebesar 78,75%, terdapat peningkatan disetiap pertemuan pada
pra siklus siswa memiliki keaktifan dengan skor sebesar 47,3% pada siklus I meningkat dengan skor 60% kemudian pada siklus II cukup meningkat dengan skor rata-rata 78,75%. Terbukti dengan peningkatan yang baik setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning di siklus II dengan mencapai kategori “aktif” dengan kriteria keberhasilan 78,75%. Peningkatan keaktifan
belajar siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, pada proses pembelajaran kegiatan siswa yang sangat aktif yaitu pada saat siswa menyusun proyek, melakukan persentasi, dan menyelesaikan tugas proyek bersama kelompoknya dengan tepat waktu. Hal ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:19
Last Modified: 22 Oct 2025 02:19
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item
View Item