ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 TELUK MENYURAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dewi, Sartika (2023) ANALISIS LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 21 TELUK MENYURAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061714_COVER.pdf] Text
PBI_1910061714_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1910061714_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061714_BAB 1.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of PBI_1910061714_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061714_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[thumbnail of PBI_1910061714_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061714_BAB 3.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of PBI_1910061714_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061714_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of PBI_1910061714_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061714_BAB 5.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of PBI_1910061714_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061714_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi Sartika, Analisis literasi matematika dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan siswa kelas IV SD Negeri 21 Teluk Menyurai Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, pembimbing I: Andri, M.Pd. Pembimbing II: Kandida Maro Rayo, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika, Operasi Hitung Pecahan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan pada pembelajan
matematika di kelas IV SD Negeri 21 Teluk Menyurai pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 21 Teluk Menyurai sebanyak 15 orang siswa. Pendekatan penelitian pada ini adalah deskritif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh 1) kemampuan literasi
matematika siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 21 Teluk Menyurai kategori kurang baik. Siswa belum mampu menganalisis situasi secara matematis, menerapkan konsep matematika fakta, prosedur, dan penalaran serta menafsirkan hasil penyelesaian
soal pada konteks nyata. 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu motivasi belajar siswa, kecemasan rasa takut, dan perkembangan intelektual siswa. Faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, dan faktor pendekatan yaitu kemandirian belajar siswa yang kurang. 3) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa yaitu pengelolaan
kelas: mempersiapkan rencana pembelajaran, pendekatan yang bervariasi, menciptakan interaksi yang baik antara guru dan siswa, melakukan evaluasi/latihan pembelajaran. Dapat disimpulkan secara umum kemampuan literasi matematika siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 21 Teluk Menyurai Tahun Pelajaran 2022/2023 tergolong kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:18
Last Modified: 22 Oct 2025 02:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item
View Item