Bony, Fransiska (2023) ANALISIS KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NANGA DANGKAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1910061675_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1910061675_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_BAB 1.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of PBI_1910061675_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
![[thumbnail of PBI_1910061675_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_BAB 3.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of PBI_1910061675_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1910061675_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_BAB 5.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of PBI_1910061675_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061675_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Bony Fransiska. 2023, Analisis Keterampilan Variasi Mengajar Guru di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Dangkan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi PGSDSTKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Nelly Wedyawati, S.Si.,M.Pd., Pembimbing II: Lusila Parida, M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan, Variasi, Mengajar, Guru, Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa siswa di dalam kelas masih sering mengalami kebosanan dan kejenuhan yang disebabkan proses belajar mengajar yang monoton. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilam variasi mengajar guru di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Dangkan
Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV, objek penelitian adalah keterampilan variasi mengajar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, komunikasi langsung dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan lembar observasi, lembar wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Miles and Hubberman yang terdiri dari tahap; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Guru sudah terampil dalam menerapkan variasi gaya mengajar. 2) Guru sudah menggunakan
media pembelajaran visual dan kinestetik tetapi tidak terampil dalam menerapkan media audio. 3) Guru sudah menerapkan seluruh aspek variasi pola interaksi dengan seimbang. 4) faktor pendukung karena pengetahuan dan pemahaman guru dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan faktor penghambat
yang dialami guru yaitu ketersediaan fasilitas yang minim membuat guru sering kali tidak menggunakan media pembelajaran dan kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran alternatif. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan variasi mengajar guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Dangkan sudah terlihat terampil dan sudah terlihat dalam menerapkan variasi mengajar guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:18 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:18 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2282 |