IDENTIFIKASI PENUGASAN GURU SEBAGAI PENGGANTIPROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS III DI SDN 29 MANIS RAYA KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Yonasius, Dedy (2021) IDENTIFIKASI PENUGASAN GURU SEBAGAI PENGGANTIPROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS III DI SDN 29 MANIS RAYA KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061437_COVER.pdf] Text
PBI_1708061437_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061437_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061437_BAB 1.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of PBI_1708061437_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061437_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[thumbnail of PBI_1708061437_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061437_BAB 3.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of PBI_1708061437_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061437_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[thumbnail of PBI_1708061437_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061437_BAB 5.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of PBI_1708061437_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061437_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yonasius Dedy. 2021, Identifikasi Penugasan Guru Sebagai Pengganti Proses Pembelajaran Siswa Kelas III di SD Negeri 29 Manis Raya Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang 2020/2021. Skripsi progaram studi PGSD STKIP persada khatulistiwa sintang. Pemimbing I : Nelly Wedyawati, S.SI., M.Pd. pemimbing II. Lusila Parida S. Pd., M.Pd.
Kata kunci : Identifikasi, Penugasan, Pengganti, Proses, Pembelajaran
Masalah umum dalam penelitian ini bentuk tugas yang diberikan oleh guru bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan guru dan peserta didik. Salah satu yang dapat dijadikan penugasan adalah kegiatan dan sejumlah pertanyaan yang disusun dalam lembar kerja peserta didik. SD Negeri 29 Manis Raya laksanakan dengan pembelajaran pemberian tugas dan pembelajaran luring yang dimaksud adalah siswa mengerjakan tugas-tugas dari rumah adapun tugas yang dberikan oleh guru, yaitu berupa lembaran soal yang terdapat didalam buku tema (tematik) revisi tahun 2018. Siswa di arahkan untuk mengerjakan soal dalam jangka waktu
satu minggu soal tersebut diambil dari buku tema, siswa mencari jawaban dalam buku tematik. Masalah penelitian adalah bagaimana identifikasi penugasan guru sebagai pengganti proses pembelajaran siswa kelas III di SD Negeri 29 Manis Raya? Tujuan panalitian adalah mendeskripsikan penugasan guru sebagai
pengganti proses pembelajaran siswa kelas III SD Negeri 29 manis raya. Untuk mengetahui bentuk penugasan, proses penugasan dan hambatan dalam penugasan pada masa pandemi COVID-19. Pendekatan dalam penelitian kualitatif deskriptif, Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala SD
Negeri 29 Manis Raya, wali kelas III dan 3 siswa dengan nilai tertinggi,sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, wawacara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi yang berupa silabus dan RPP, lembar tugas dan hasil
belajar siswa. Teknik analisis data hasil temuan yaitu: (a). bentuk tugas (BDR) dimana siswa mengerjakan tugasa dari rumah (b). bentuk tugas siswa (LKS ) siswa membaca buku sekaligus mencari jawaban dalam buku tersebut. Berdasarkan hasil penelitian di SDN 29 Manis Raya, selama masa pandemi covid19 tahun ajaran 2020/2021 adalah proses pembelajaran sdn 29 Manis Raya
menggunakan proses pembelajaran luring yaitu siswa mengerjkan tugas dari rumah. Adapun menjadi instrumen dalam penilaian ini guru terhdapa hasil siswa yaitu, ketepatan jawaban siswa, kerapian tulisan dan ketepatan waktu yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:22
Last Modified: 22 Oct 2025 02:22
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item