FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 09 KELAMPAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Vivien, Mahsa (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 09 KELAMPAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061403_COVER.pdf] Text
PBI_1708061403_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061403_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061403_BAB 1.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of PBI_1708061403_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061403_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[thumbnail of PBI_1708061403_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061403_BAB 3.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of PBI_1708061403_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061403_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of PBI_1708061403_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061403_BAB 5.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of PBI_1708061403_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061403_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vivien Mahsa. 2021. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Masa Covid-19 di SDN 09 Kelampai Tahun Pelajaran 2021/2022. Tugas akhir, Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., M.M. Kata Kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar, Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pada masa Covid19 di SD Negeri 09 Kelampai, minat belajar siswa pada masa Covid-19, serta faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa pada masa Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran pada masa Covid-19 di SD Negeri 09 Kelampai yang diterapkan oleh pihak sekolah yaitu pembelajaran dengan metode Luring atau offline, metode
ini merupakan pembelajaran yang dilakukan di luar tatap muka oleh guru dan peserta didik, namun dilakukan secara offline yang berarti guru memberikan tugas hardcopy kepada peserta didik kemudian dilaksanakan di luar sekolah. 2) Minat belajar siswa pada masa Covid-19 berkurang, ini dikarenakan siswa dan guru merasa kesulitan dengan perubahan sistem pembelajaran yang terjadi pada masa
pandemi Covid-19. Guru kesulitan dalam menyiapkan materi dalam waktu yang singkat sedangkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan guru dalam waktu singkat. Waktu siswa juga dihabiskan dengan bermain saja, ini disebabkan oleh siswa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dari pada di sekolah, ditambah juga kurangnya pengawasan dari orang tua
dalam membimbing siswa untuk belajar di rumah membuat minat belajar siswa semakin berkurang. Dapat dilihat bahwa siswa tidak memiliki perasaan senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan dalam proses pembelajaran sehingga minat belajar siswa dapat berkurang. 3) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi
minat belajar siswa kelas IV pada masa Covid-19 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor dari individu itu sendiri sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar individu itu sendiri. Dari hasil temuan peneliti faktor internal yang mempengaruhi minat belajar siswa pada masa Covid-19 adalah menurunnya motivasi belajar siswa, kurangnya kemauan dan keinginan untuk belajar serta kebiasaan belajar siswa. Kemudian faktor eksternal yang mempengaruhi minat belajar siswa pada masa Covid-19 adalah kurangnya pengawasan dari orang tua, sarana dan prasarana yang tidak lengkap serta sistem pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:22
Last Modified: 22 Oct 2025 02:22
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item
View Item