HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 3 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Veronika, Kristianti (2021) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SDN 3 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_141006942_COVER.pdf] Text
PBI_141006942_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_141006942_BAB 1.pdf] Text
PBI_141006942_BAB 1.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of PBI_141006942_BAB 2.pdf] Text
PBI_141006942_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[thumbnail of PBI_141006942_BAB 3.pdf] Text
PBI_141006942_BAB 3.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of PBI_141006942_BAB 4.pdf] Text
PBI_141006942_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[thumbnail of PBI_141006942_BAB 5.pdf] Text
PBI_141006942_BAB 5.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of PBI_141006942_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_141006942_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Veronika Kristianti. 2021. Hubungan antara Motivasi belajar dan Minat belajar dengan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Matematika SDN 3 Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Andri, M.Pd. Pembimbing II: Anyan, M.Kom. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa masih rendah, diantaranya siswa lebih senang bermain daripada belajar ataupun mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Tidak adanya motivasi dari diri siswa untuk belajar sehingga sulitnya memahami soal yang diberikan oleh guru, sehingga tidak ada minat dalam mengerjakan tugas matematika yang diberikan. Sehingga tugas yang diberikan rata-rata dikerjakan oleh orang tua dan bukan siswa yang mengerjakannya. Dilihat dari segi minat belajar, terdapat siswa
yang cenderung kurang berminat dalam pembelajaran matematika, hal ini terbukti saat guru sedang menjelaskan, siswa tidak benar-benar menyimak sehingga tugas yang diberikan oleh guru tidak sama sekali dipahami oleh siswa. Hal itu yang membuat siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan segala tugas yang berikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara motivasi belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumen hasil belajar siswa. Jumlah populasinya 49 siswa dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SDN 3 Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini dilihat dari t hitung > t tabel 3,485 > 1,746 dan nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Terdapat hubungan antara minat dengan prestasi belajar siswa SDN 3 Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hal ini dilihat dari t hitung > t tabel 3,327 > 1.746 dan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan dan nilai analisis korelasi nilai R sebesar 0,733 artinya termasuk dalam kategori kuat dan bersifat positif. Artinya Ha (hipotesis alternatif)
diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:21
Last Modified: 22 Oct 2025 02:21
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item
View Item