PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA PADA MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KELOPUK KECAMATAN SAYAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Uli, Susantri (2021) PENERAPAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA PADA MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KELOPUK KECAMATAN SAYAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1506061141_COVER.pdf] Text
PBI_1506061141_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1506061141_BAB 1.pdf] Text
PBI_1506061141_BAB 1.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of PBI_1506061141_BAB 2.pdf] Text
PBI_1506061141_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[thumbnail of PBI_1506061141_BAB 3.pdf] Text
PBI_1506061141_BAB 3.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of PBI_1506061141_BAB 4.pdf] Text
PBI_1506061141_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[thumbnail of PBI_1506061141_BAB 5.pdf] Text
PBI_1506061141_BAB 5.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of PBI_1506061141_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1506061141_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Uli Susantri. 2021. “Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA pada Materi Perkalian di Sekolah Dasar Negeri 08 Kelopuk Kecamatan Sayan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Daniel Dike, S.S., M. Pd., Pembimbing II: Nelly Wedyawati,S. Si., M. Pd. Kata Kunci: Belajar, Jarimatika, Perkalian, Siswa, SD. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian di kelas IV SD Negeri 08
Kelopuk tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah action riset atau penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan berupa
lembar observasi, lembar soal tes, pedoman wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I meningkat pertemuan pertama 67%, pertemuan kedua 86% sedangkan
siklus II pertemuan pertama 90%, petemuan kedua 95% dengan kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama sebesar 75%, pertemuan kedua 83%. Dan siklus II pertemuan pertama 90%, pertemuan kedua 95% dengan kriteria sangat baik. Perhitungan hasil belajar siswa siklus I diperoleh
nilai rata-rata 69,75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60% sedangkan hasil belajar siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Hasil wawancara siswa dan guru diperoleh jawaban yang positif mendukung penggunaan metode jarimatika tersebut. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu
metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Kelopuk tahun pelaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:23
Last Modified: 22 Oct 2025 02:23
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item
View Item