ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 25 GURUNG PENINGKAH KAYAN HILIR TAHUN 2020/2021

Teodora, Firda (2021) ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 25 GURUNG PENINGKAH KAYAN HILIR TAHUN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061366_COVER.pdf] Text
PBI_1708061366_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061366_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061366_BAB 1.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of PBI_1708061366_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061366_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of PBI_1708061366_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061366_BAB 3.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of PBI_1708061366_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061366_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[thumbnail of PBI_1708061366_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061366_BAB 5.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of PBI_1708061366_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061366_LAMPIRAN.pdf

Download (28MB)

Abstract

Teodora Firda. 2021. “Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021”. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M.Pd, Pembimbing II: Muhammad Rian Subekti, M.Pd. Kata Kunci: Minat Belajar, Pembelajaran Matematika Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang ditandai dengan 82% siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika, siswa mengatakan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 11 siswa, wali kelas dan orang tua siswa yang berjumlah 11 orang. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan soal tes, pertanyaan tertulis, wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil perolehan siswa menjawab pertanyaan tertulis masuk dalam kriteria interpretasi dengan kategori cukup. Artinya berdasarkan perolehan hasil siswa menjawab pertanyaan tertulis dan didukung dengan nilai hasil tes siswa, dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika siswa kelas IV
SDN 25 Gurung Peningkah Kayan Hilir Tahun 2020/2021 termasuk pada kategori cukup. (2) Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi aspek jasmaniah dan psikologi. Faktor eksternal meliputi faktor
keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:22
Last Modified: 22 Oct 2025 02:22
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item
View Item