KESALAHAN PENULISAN HURUF KAPITAL PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KEDEMBAK AIR TABUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Siska, Devina (2021) KESALAHAN PENULISAN HURUF KAPITAL PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KEDEMBAK AIR TABUN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1607061218-COVER.pdf] Text
PBI_1607061218-COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1607061218_BAB 1.pdf] Text
PBI_1607061218_BAB 1.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of PBI_1607061218_BAB 2.pdf] Text
PBI_1607061218_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of PBI_1607061218_BAB 3.pdf] Text
PBI_1607061218_BAB 3.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of PBI_1607061218_BAB 4.pdf] Text
PBI_1607061218_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of PBI_1607061218_BAB 5.pdf] Text
PBI_1607061218_BAB 5.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of PBI_1607061218_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1607061218_LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Siska Devina. 2021. Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Pada Karangan Naras Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Kedembak Air Tabun Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Debora Korining Tyas, M.Pd. Pembimbing II: Lusila Parida, M.Pd.
Kata Kuci : Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan kesalahan penulisan huruf kapital, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi, (3) mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi. Metodenya kualitatif, bentuknya studi kasus. Subjeknya siswa dan guru. Teknik pengumpulan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian: Pertama kesalahan: a) kesalahan penulisan huruf kapital pada penulisan kata di awal kalimat ditemukan 309 kesalahan, b) kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan
kekerabatan yang digunakan dalam penyapaan ditemukan 23 kesalahan, c) kesalahan penulisan huruf kapital pada nama hari, bulan, dan tahun ditemukan 3 kesalahan, dan d) kesalahan penulisan huruf pertama unsur-unsur nama georafis ditemukan 1 kesalahan. Kedua Faktor: a) Siswa kurang menyukai pembelajaran
bahasa Indonesia. b) Siswa tidak mendengarkan pada saat guru menjelaskan dan lebih cendrung bermain dengan temannya. c) Pola mengajar guru yang kurang menarik dan d) Guru tidak memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan saat proses pembelajaran berlangsung. Ketiga upaya: a) Guru harus menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dalam memberikan materi tentang penggunaan huruf kapital. b) Guru mengajar dengan menggunakan media pembelajaran seperti huruf abjad yaitu huruf kapital dan nonkapital, c) Guru menjelaskan kembali materi yang belum mereka pahami d), Guru memberikan tugas atau LKS kepada peserta didik sebelum siswa diminta untuk membuat sebuah karangan, e) Guru memberikan PR atau pekerjaan rumah kepada peserta didik, f) Guru mengevaluasi kembali materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:24
Last Modified: 22 Oct 2025 02:24
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item
View Item