ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS II SDN 26 PENJERNANG HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sabina, Munah (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS II SDN 26 PENJERNANG HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1506061135_COVER.pdf] Text
PBI_1506061135_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1506061135_BAB 1.pdf] Text
PBI_1506061135_BAB 1.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of PBI_1506061135_BAB 2.pdf] Text
PBI_1506061135_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of PBI_1506061135_BAB 3.pdf] Text
PBI_1506061135_BAB 3.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of PBI_1506061135_BAB 4.pdf] Text
PBI_1506061135_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[thumbnail of PBI_1506061135_BAB 5.pdf] Text
PBI_1506061135_BAB 5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of PBI_1506061135_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1506061135_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sabina Munah. 1506061135. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kelas II SDN 26 Penjernang Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Evi Fitrianingrum, M.Pd., Pembimbing II : Gabriel Serani, S.S.,M.Hum
Kata kunci: Proses Pembelajaran, Pandemi Covid-19.Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran
selama masa pandemi covid-19 di Kelas II SDN 26 Penjernang Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan Penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II SDN 26 Penjernang Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik dan alat pengumpul berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19 dilakukan dengan tatap muka sederhana, dimana siswa datang ke sekolah mengambil tugas untuk
dikerjakan di rumah. Ada beberapa faktor penghambat proses pembelajaran yaitu: guru tidak bisa menjelaskan secara maksimal karena perubahan metode mengajar, sistem dan waktu terbatas dan banyak anak-anak yang tidak paham terhadap tugas dan materi yang disampaikan sehingga menyebabkan nilai siswa pun bervariasi. Sedangkan faktor pendukung proses pembelajaran yaitu: fasilitas buku peganggan siswa cukup memadai sehingga anak mudah untuk belajar. Kemudian upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat yaitu: siswa diberikan tugas setiap sekali dalam seminggu untuk mengambil dan mengantar tugas tersebut ke
sekolah, tugas yang diberikan sesuai dengan tema dan kompetensi dasar yang ada pada buku paket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:25
Last Modified: 22 Oct 2025 02:25
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item
View Item