Rosiana Merianti, Pagi (2022) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 02 NANGA JETAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1809061512-COVER.pdf
Download (1MB)
PBI_1809061512_BAB 1.pdf
Download (394kB)
PBI_1809061512_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
PBI_1809061512_BAB 3.pdf
Download (535kB)
PBI_1809061512_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (560kB)
PBI_1809061512_BAB 5.pdf
Download (263kB)
PBI_1809061512_LAMPIRAN.pdf
Download (13MB)
Abstract
Rosiana Merianti Pagi. 2022, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 02 Nanga Jetak Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Andri, M.Pd , Pembimbing II: Kandida Maro Rayo, M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar Matematika Siswa memiliki motivasi yang bervariasi. Beberapa siswa memiliki masalah motivasi yaitu kurang aktif jika diberikan pertanyaan, dan ketika guru sedang menjelaskan siswa sibuk berbicara dengan temannya. Penelitian ini bertujuan
menganalisis motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 02 Nanga Jetak tahun pelajaran 2021/2022, menganalisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 02 Nanga Jetak tahun pelajaran 2021/2022, dan menganalisis upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran matematika di SD Negeri 02 Nanga Jetak tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan komunikasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan 1) motivasi belajar matematika peserta didik bervariasi, ada yang memiliki motivasi yang tinggi dan ada yang memiliki motivasi yang cukup, dengan kategori C (cukup) diperoleh
jumlah skor 1.483,3 dengan rata-rata keseluruhan 49,44. 2) faktor yang menghambat motivasi belajar peserta didik yaitu faktor internal dan faktor ekternal. 3) upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu pemberian reward, metode belajar yang bervariasi dan kerja sama dengan orang tua.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:27 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:27 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2221 |

