Putri, Ika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SMARTBOX UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 14 MENGKURAI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
PGSD_2112061915_Tittle.pdf
Download (1MB)
PGSD_2112061915_Chapter 1.pdf
Download (463kB)
PGSD_2112061915_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (283kB)
PGSD_2112061915_Chapter 3.pdf
Download (419kB)
PGSD_2112061915_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (894kB)
PGSD_2112061915_Chapter 5.pdf
Download (120kB)
PGSD_2112061915_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
SK Seminar proposal.pdf
Download (892kB)
PGSD_2112061915_BAS_TA.pdf
Download (1MB)
SK Penguji Ujian akhir.pdf
Download (2MB)
PGSD_2112061915_UAS_TA.pdf
Download (502kB)
PGSD_2112061915_BAU_TA.pdf
Download (2MB)
PGSD_2112061915_UU_TA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Putri Ika Mulyanti. 2025. Pengembangan Smartbox Untuk Meningkatkan Literasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II SD Negeri 14 Mengkurai Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M.Pd., Pembimbing II: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Smartbox, Literasi, Bahasa Indonesia, SD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi siswa kelas II SD Negeri 14 Mengkurai, yang ditunjukkan dengan masih adanya siswa yang belum mampu membaca lancar serta rendahnya pemahaman terhadap isi bacaan. Hal ini diperparah oleh keterbatasan media pembelajaran yang digunakan guru, yang cenderung monoton dan kurang menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Smartbox yang interaktif dan menarik guna meningkatkan kemampuan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk Smartbox dirancang dalam bentuk kotak edukatif berisi materi mengenal huruf, penyusunan kata/kalimat, serta latihan membaca, dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, serta diuji coba secara terbatas maupun luas pada siswa kelas II SD. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor penilaian berada pada kategori “sangat baik”. Selain itu, hasil belajar siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan media Smartbox, yang ditunjukkan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest. Respon guru dan siswa juga menunjukkan antusiasme tinggi terhadap penggunaan media ini karena bersifat menarik, mudah digunakan, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Kesimpulannya, media pembelajaran Smartbox efektif dalam meningkatkan literasi siswa dan dapat menjadi alternatif media yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Putri Ika Mulyanti |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:26 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:26 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2213 |

