STUDI KASUS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 18 UPT IV SILAT KECAMATAN SILAT HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Rani, Andriani (2021) STUDI KASUS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 18 UPT IV SILAT KECAMATAN SILAT HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1607061300_COVER.pdf] Text
PBI_1607061300_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1607061300_BAB 1.pdf] Text
PBI_1607061300_BAB 1.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of PBI_1607061300_BAB 2.pdf] Text
PBI_1607061300_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[thumbnail of PBI_1607061300_BAB 3.pdf] Text
PBI_1607061300_BAB 3.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of PBI_1607061300_BAB 4.pdf] Text
PBI_1607061300_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[thumbnail of PBI_1607061300_BAB 5.pdf] Text
PBI_1607061300_BAB 5.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of PBI_1607061300_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1607061300_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rani, Andriani 2020. Studi Kasus Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 18 UPT IV Silat Kecamatan Silat Hilir tahun pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd, Pembimbing II: Dian Wahyuningsih, M.Pd. Kata kunci: Kesulitan Membaca Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan membaca pada siswa, faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca pada siswa dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 18 UPT IV Silat Kecamatan Silat Hilir tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan guru kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil analisis data bahwa (1) jenis kesulitan membaca pada siswa yaitu kesulitan membaca permulaan yang terdiri dari siswa masih sering mengeja terlebih dahulu dan siswa masih sulit untuk menghafal abjad serta menggabungkan huruf menjadi kata. (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca pada siswa yaitu: faktor internal yang meliputi fisiologis, intelektual, dan psikologis. Faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga. (3) upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa yaitu dengan menggunakan strategi pengenalan huruf menjadi kata, metode penyebutan huruf dengan mengeja, memberikan tugas pada siswa serta pengarahan kepada orang tua agar membantu ketika belajar dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:26
Last Modified: 22 Oct 2025 02:26
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item
View Item