Nonie, Hawai (2021) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 29 NENAK TEMBULAN KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061429_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1708061429_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_BAB 1.pdf
Download (354kB)
![[thumbnail of PBI_1708061429_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (511kB)
![[thumbnail of PBI_1708061429_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_BAB 3.pdf
Download (646kB)
![[thumbnail of PBI_1708061429_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (972kB)
![[thumbnail of PBI_1708061429_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_BAB 5.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of PBI_1708061429_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061429_LAMPIRAN.pdf
Download (14MB)
Abstract
Nonie Hawai. 2021. (1708061429). Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Kabupaten Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd.
Kata Kunci: metode, tugas, hasil belajar, SD. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil
belajar tematik siswa menggunakan metode pemberian tugas selama pandemi covid-19 pada kelas IV SDN 29 Nenak Tembulan tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan menggunakan metode Quasi Experiment (Eksperimen Semu). Dalam penelitian ini terdapat dua
variabel yaitu metode pemberian tugas sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabl terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa di SDN 29 Nenak Tembulan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV
A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang masingmasing berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket, soal tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis soal tes dan
analisis hasil tes. Analisis soal tes yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda, sedangkan analisis hasil tes menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data di kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest 59,67 dan posttest 61,00, sedangkan kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai pretest
59,07 dan posttest 69,67. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan membuktikan bahwa nilai Sig.(2-tailed) < yakni 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 29 Nenak Tembulan Kabupaten Sintang tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:29 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:29 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2189 |