STUDI KASUS KESULITAN MENYIMAK CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 05 GURUNG KECAMATAN SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nisi, Nisi (2020) STUDI KASUS KESULITAN MENYIMAK CERITA DONGENG PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 05 GURUNG KECAMATAN SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1607061298_COVER.pdf] Text
PBI_1607061298_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1607061298_BAB 1.pdf] Text
PBI_1607061298_BAB 1.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of PBI_1607061298_BAB 2.pdf] Text
PBI_1607061298_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[thumbnail of PBI_1607061298_BAB 3.pdf] Text
PBI_1607061298_BAB 3.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of PBI_1607061298_BAB 4.pdf] Text
PBI_1607061298_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of PBI_1607061298_BAB 5.pdf] Text
PBI_1607061298_BAB 5.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of PBI_1607061298_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1607061298_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nisi 2020, Studi Kasus Kesulitan Menyimak Cerita Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 05 Gurung. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Debora Korining Tyas, M.Pd., Pembimbing II : Gabriel Serani, S.S., M. Hum. Abstrak : Penelitian ini bertujuan mengetahui kesulitan menyimak cerita dongeng pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri 05 Gurung Kecamatan Seberuang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan berbentuk studi
kasus. Instrumen menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kesulitan menyebutkan nama tokoh dalam dongeng dengan tidak lengkap, kesulitan menyebutkan sifat-sifat tokoh, dan kesulitan menceritakan kembali isi dengong. Faktor penyebab anak mengalami kesulitan menyimak cerita dongeng, antara lain: a) kurangnya
perhatian dan motivasi dari orang tua untuk mengatasi kesulitan menyimak anak; b) anak belum memiliki motivasi untuk mengerjakan sesuatu c) anak memiliki kondisi fisik lemah atau sakit yang mengakibatkan anak kurang konsentrasi dalam belajar; d) Siswa memiliki minat pribadi dan mempunyai keinginan/ kesukaan
seseorang terhadap objek; e) kurangnya kerjasama sekolah dengan orang tua untuk mengatasi kesulitan menyimak cerita dongeng anak. Upaya guru untuk mengatasi kesulitan menyimak antara lain: a) memberikan motivasi dan dorongan kepada anak agar semangat dalam belajar menyimak; b) melakukan pendekatan secara individual kepada anak yang mengalami kesulitan menyimak dongeng untuk mengetahui keinginan anak; c) melakukan bimbingan seperti pelajaran tambahan diakhir pembelajaran atau sepulang sekolah; d) melakukan kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk mengatasi kesulitan menyimak dongeng pada anak. Kata Kunci : Kesulitan Menyimak, Cerita Dongeng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:29
Last Modified: 22 Oct 2025 02:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item
View Item