ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NANGA DEDAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nini, Ahma (2022) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 NANGA DEDAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061539_COVER.pdf] Text
PBI_1809061539_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061539_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061539_BAB 1.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of PBI_1809061539_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061539_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of PBI_1809061539_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061539_BAB 3.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of PBI_1809061539_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061539_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[thumbnail of PBI_1809061539_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061539_BAB 5.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of PBI_1809061539_BAB 6.pdf] Text
PBI_1809061539_BAB 6.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of PBI_1809061539_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061539_LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Nini Ahma. 2022. Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Dedai Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Ursula Dwi Oktaviani, M.Pd., Pembimbing II: Gabriel Serani, S.S., M.Hum. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Pembelajaran Tematik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Dedai tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV terbentuk dengan baik, terdiri dari percaya diri, aktif dalam belajar, disiplin dalam belajar dan tanggung jawab dalam belajar. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa, antara
lain faktor internal yaitu dari diri siswa sendiri, bagaimana sikap mereka selama di kelas. Sedangkan untuk faktor eksternalnya yaitu orang tua. Sikap dan perilaku orang tua sangat mempengaruhi bentuk kepribadian anak. (3) upaya guru dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa, diantaranya mendorong siswa agar
lebih aktif, menumbuhkan ketertarikan siswa, tidak membeda-bedakan siswa, menjalin hubungan yang harmonis dan akrab dengan siswa serta membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:29
Last Modified: 22 Oct 2025 02:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item
View Item