Niken Puji, Lestari (2022) ANALISIS STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA (STUDI KASUS KELAS V SDN 29 LANDAU KODAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061505_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1809061505_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_BAB 1.pdf
Download (411kB)
![[thumbnail of PBI_1809061505_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (568kB)
![[thumbnail of PBI_1809061505_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_BAB 3.pdf
Download (533kB)
![[thumbnail of PBI_1809061505_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (866kB)
![[thumbnail of PBI_1809061505_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_BAB 5.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of PBI_1809061505_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061505_LAMPIRAN.pdf
Download (5MB)
Abstract
Niken Puji Lestari. 2022. Analisis Strategi Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Kelas V SDN 29 Landau Kodah Tahun Pelajaran 2021/2022). Tugas Akhir, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II:
Yudita Susanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Membaca dan siswa Latar belakang pada penelitian ini adalah pembahasan tentang strategi guru, dalam bidang pendidikan istilah strategi disebut juga teknik atau cara yang sering dipakai
secara bergantian. Pembahasan strategi bertujuan untuk pemecahan masalah kesulitan membaca siswa kelas V SDN 29 Landau Kodah Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan Metode penelitian studi kasus dan berbentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas V, guru, dan orangtua. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kondisi kesulitan membaca siswa berkaitan dengan kebiasaan membaca yang tidak wajar, kekeliruan mengenal kata, kekeliruan pemahaman dan gejala serbaneka; strategi pembelajaran yang digunakan guru yaitu strategi Directed Reading Activity (DRA) dengan komponen
strategi yang dibagi dalam tiga tahap yaitu persiapan, membaca dalam hati, dan tindak lanjut; dampak strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa RA, A, dan AR yaitu siswa mengalami banyak peningkatan dalam
proses membaca, siswa lebih terbiasa untuk membaca, dan terdapat pengurangan kesalahan dalam membaca kata dan kalimat. Sehingga disimpulkan bahwa untuk mengatasi kesulitan membaca siswa, guru dapat menggunakan strategi DRA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:29 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:29 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2185 |