Nanik, Nanik (2021) META ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWASEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1607061169_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1607061169_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_BAB 1.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of PBI_1607061169_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
![[thumbnail of PBI_1607061169_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_BAB 3.pdf
Download (781kB)
![[thumbnail of PBI_1607061169_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1607061169_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_BAB 5.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of PBI_1607061169_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061169_LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Nanik, 2021. Meta Analisis Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Kata Kunci: Hasil belajar dan Model Pembelajaran Inkuiri Penelitian ini bertujuan menganalisis kembali peningkatan hasil belajar
matematika menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa Sekolah Dasar. Manfaat penelitian ini untuk mengkonfirmasi kembali perbedaan hasil penellitian terdahulu dengan disimpulkan secara keseluruhan untuk melihat hasil yang tepat dan lebih kuat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui besar peningkatan hasil belajar matematika, besar efektivitas dan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika pada siswa Sekolah Dasar. Model pembelajaran inkuiri merupakan model pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa secara maksimal pada proses pembelajaran dalam memecahkan permasalahan yang ada
dengan mencari dan menemukan sendiri penyelesaian masalah tersebut dengan langkah-langkah yakni: (1) orientasi, (2) merumuskan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji hipotesis, (6) merumuskan kesimpulan. Langkah pertama dalam penelitian, peneliti merumuskan masalah kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan data penelitian yang sudah ada
melalui penelusuran google cendikia dan google researchgate. Dari hasil penelusuran, didapatkan 10 artikel dari jurnal yang relevan. Hasil penelitian dari para peneliti dianalisis dengan metode pembanding kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis ternyata hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran
inkuiri mengalami peningkatan dengan nilai terendah 18,33% dan tertinggi 41,67% dengan rata-rata 26,915%. Efektivitas model pembelajaran inkuiri 0,693 kategori sedang, dan effect size dalam kategori sangat besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:30 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:30 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2181 |