Monika, Veri (2022) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS III B KELOMPOK BELAJAR A DI SD NEGERI 01 SUNGAI RINGIN KECAMATAN SEKADAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1708061426_COVER.pdf
Download (659kB)
PBI_1708061426_BAB 1.pdf
Download (192kB)
PBI_1708061426_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (251kB)
PBI_1708061426_BAB 3.pdf
Download (215kB)
PBI_1708061426_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (378kB)
PBI_1708061426_BAB 5.pdf
Download (94kB)
PBI_1708061426_LAMPIRAN.pdf
Download (7MB)
Abstract
Veri, monika. 2022. “Analisis Peran Orang Tua dalam Pengembangan Karakter Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas III B Kelompok Belajar A di SD Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sinang. Pembimbinb I : Eliana Yunitha Seran, M.Pd, Pembimbing II : Muhammad Rian Subekti, M.Pd. Kata kunci : Peran Orang Tua, Karakter, Pandemi Covid-19, Dalam Jaringan ( Daring ) Latar belakang penelitian ini adalah pengembangan karakter siswa pada masa pandemi covid-19 di kelas III B SD Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau
Hilir Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peranan yang dilakukan oleh orang tua dalam pengembangan karater anak selama pandemi covid-19 dengan sistem pembelajaran yang dilaksanakan dalam jaringan (daring). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah wali kelas
III B, siswa, dan orang tua siswa. Teknik dan alat pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) guru melaksanakan proses pembelajaran secara daring, dengan tetap memperhatikan pengembangan nilai-nilai karakter siswa seperti : karakter jujur,
disiplin, mandiri dan tanggungjawab. 2) siswa melakukan proses pembelajaran di rumah di dampingi oleh orang tua sepenuhnya di rumah. 3) orang tua sebagai, pendamping, motivator serta fasilitator selama belajar di rumah. Kesimpulan dari penelitian adalah peran orang tua sangat berpengaruh dalam pengembangan karakter siswa selama belajar dalam jaringan (daring). Pentingnya penanaman
nilai-nilai karakter jujur, disiplin, mandiri dan bertanggungjawab pada anak selama belajar dirumah. Adapun faktor-faktor kendala yang dialami orang tua sebaik mungkin diatasi sesuai dengan situasi yang ada dilapangan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:30 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:30 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2179 |

