PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI 06 TAPANG PULAU KECAMATAN BELITANG HILIR KABUPATEN SEKADAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mimi, Astria (2022) PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI 06 TAPANG PULAU KECAMATAN BELITANG HILIR KABUPATEN SEKADAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061587_COVER.pdf] Text
PBI_1809061587_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061587_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061587_BAB 1.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of PBI_1809061587_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061587_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[thumbnail of PBI_1809061587_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061587_BAB 3.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of PBI_1809061587_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061587_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of PBI_1809061587_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061587_BAB 5.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of PBI_1809061587_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061587_LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Mimi Astria. 2022. Penggunaan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SD Negeri 06 Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau Tahun Pelajaran 2021/2022. Tugas Akhir Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Agusta Kurniati, M.Pd., Pembimbing II : Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan model Talking Stick, (2) Mengetahui bagaimana penggunaan model Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model Talking Stick pada tema 7 subtema 1. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Hasil observasi kegiatan guru siklus I diperoleh rata-rata 79% sedangkan hasil observasi siklus II diperoleh rata-rata 96%, hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77% meningkat pada siklus II menjadi 95,5%. (2) Hasil belajar kognitif siklus I ketuntasan klasikal 71,42% meningkat pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 93%. Pada ranah afektif, siswa sudah membudayakan dan mulai berkembang terhadap aspek yang
diamati. Pada ranah psikomotorik terjadi peningkatan, ada 22 siswa mendapat predikat A dan 5 siswa dengan predikat B, dan 1 siswa mendapat predikat C. (3) Respon siswa terlihat pada hasil wawancara yang dilakukan saat penelitian dimana siswa sangat senang dengan diterapkannya model Talking Stick.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Model Talking Stick mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 di kelas IV SD Negeri 06 Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, Tema 7 Subtema 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:30
Last Modified: 22 Oct 2025 02:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item
View Item