ANALISIS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 26 KUALA SEKAYU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Melinda, Damayanti (2022) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 26 KUALA SEKAYU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061584_COVER.pdf] Text
PBI_1809061584_COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PBI_1809061584_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061584_BAB 1.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of PBI_1809061584_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061584_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of PBI_1809061584_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061584_BAB 3.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of PBI_1809061584_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061584_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[thumbnail of PBI_1809061584_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061584_BAB 5.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of PBI_1809061584_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061584_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Melinda Damayanti.2022. ”Analisis Metode Pembelajaran Picture and Picture Pada Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 26 Kuala Sekayu Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Warkintin, M.Pd. Pembimbing II : Fatkhan Amirul Huda, S.Kom., M.Pd. Kata Kunci : Metode pembelajaran, Picture and Picture, Kemampuan Membaca Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada kemampuan membaca siswa kelas IV di
SD Negeri 26 Kuala Sekayu. Masalah umum penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan membaca buku dapat membuat siswa kurang memahami materi pembelajaran dan cenderung merasa bosan. Penyampaian pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah tersebut tentu kurang efektif bagi siswa dalam memahami sebuah bacaan yang ada. Metode pembelajaran yang memiliki ciri inovativ, aktif , kreatif, dan menyenangkan adalah metode picture and picture. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan kesiapan guru dan siswa, dan langkah-langkah menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada kemampuan membaca serta respon
siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran picture and picture. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan bentuk penelitian yang digunakan yaitu penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. . Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kesiapan guru yaitu 88,8 % kategori baik dan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada kemampuan membaca sudah baik dalam kategori 85,57 %
(dibulatkan menjadi 86 %). (2) langkah-langkah penerapan metode pembelajaran picture and picture pada kemampuan membaca sudah dalam kategori baik yaitu 88,8 % sesuai dengan langkah-langkah metode pembelajaran picture and picture. (3) respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran picture and picture pada kemampuan membaca yaitu sangat antusias dan siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:30
Last Modified: 22 Oct 2025 02:30
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item
View Item