Marsiana, Yulinda (2021) ANALISIS PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI C OVID-19 DI KELAS V SD NEGERI 12 NANGA LEMEDAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061329_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1708061329_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_BAB 1.pdf
Download (318kB)
![[thumbnail of PBI_1708061329_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (364kB)
![[thumbnail of PBI_1708061329_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_BAB 3.pdf
Download (349kB)
![[thumbnail of PBI_1708061329_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
![[thumbnail of PBI_1708061329_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_BAB 5.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of PBI_1708061329_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061329_LAMPIRAN.pdf
Download (16MB)
Abstract
Marsiana Yulinda.2021, Analisis Peran Guru dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SD Negeri 12 Nanga Lemedak Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Katulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd., Pembimbing II: Lusila Parida, M.Pd. Kata kunci: Peran Guru, Proses Pembelajaran, Masa Pandemi Covid-19 Tujuan penelitian untuk menganalisis tentang peran guru dalam proses
pembelajaran pada masa pandemi di kelas V SD Negeri 12 Nanga Lemedak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran guru pada perencana pembelajaran pada masa pandemi, yaitu
menyiapkan materi pembelajaran, menyiapkan media dan sumber belajar, merancang kegiatan pembelajaran, merancang tugas yang akan dikerjakan siswa serta menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) peran guru pada pelaksana pembelajaran, yaitu pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi dilaksanakan 3 kali pertemuan dalam seminggu dengan waktu terbatas dan pada hari berikutnya guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka sederhana yang dilakukan 3 kali dalam seminggu tetap mematuhi protokol kesehatan Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan
kegiatan penutup, (3) peran guru pada evaluator pembelajaran, yaitu saat pembelajaran berlangsung untuk menilai keaktifan siswa dan pada hasil belajar dengan memberikan tugas kepada siswa, guru mengoreksi tugas siswa yang sudah dikumpulkan kemudian memberikan penilaian. Kesimpulan dari penelitian ini, peran guru pada perencana, guru merancang dan menyiapkan perangkat
pembelajaran, peran guru pada pelaksana terlihat pada kegiatan proses pembelajaran yang dilakukan dalam 3 kali pertemuan dalam seminggu, dan peran guru pada evaluator, yakni guru mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:31 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:31 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2169 |