PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 10 SP 4 BANING PANJANG PADA PELAJARAN IPA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Marselina, Seli (2022) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 10 SP 4 BANING PANJANG PADA PELAJARAN IPA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061536_COVER.pdf] Text
PBI_1809061536_COVER.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of PBI_1809061536_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061536_BAB 1.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of PBI_1809061536_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061536_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of PBI_1809061536_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061536_BAB 3.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of PBI_1809061536_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061536_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[thumbnail of PBI_1809061536_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061536_BAB 5.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of PBI_1809061536_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061536_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Marselina Seli. 2022. “Penerapan Metode Eksperimen untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 SP 4 Baning Panjang pada Pelajaran IPA Materi Manusia dan Lingkungan Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi, program studi pendidikan guru sekolah dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd, Pembimbing II: Imanuel Sairo Awang, S.Si, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Manusia dan Lingkungan Penelitian Berdasarkan hasil observasi, siswa kurang aktif dalam melakukan proses pembelajaran maka penulis menerapkan metode eksperimen agar tercapainya tingkat keberhasilan siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa
dan menindaklanjuti beberapa permasalahan dengan menerapkan Metode eksperimen sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 SP 4 Baning Panjang pada pelajaran IPA Materi Manusia dan Lingkungan Tahun Pelajaran 2021/2022.. Pendekatan
penelitian kualitatif, metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan, dan bentuk penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pengukuran, komunikasi tidak lagsung, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkannya aktivitas guru dan aktivitas siswa sangat baik dengan persentase 100%. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I 48% mengalami penigkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 84% atau terjadi penigkatan sebesar 36%. Respon siswa terhadap penggunaan metode eksperimen pada siklus I, 80,42% dengan keterangan sangat baik dan pada siklus II menigkatkan menjadi 83,79% dengan kriteria sangat baik, berdasarkan pengolahan data dan analisis data dapat disimpulkan secara umum bahwa penggunaan metode eksperimen telah berhasil menigkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 10 SP 4 Baning Panjang pada materi manusia dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:31
Last Modified: 22 Oct 2025 02:31
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2167

Actions (login required)

View Item
View Item