ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SISWA BERPRESTASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 12 NANGA LEMEDAK KECAMATAN SEMITAU KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Margareta, Rati (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SISWA BERPRESTASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 12 NANGA LEMEDAK KECAMATAN SEMITAU KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061326_COVER.pdf] Text
PBI_1708061326_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061326_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061326_BAB 1.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of PBI_1708061326_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061326_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of PBI_1708061326_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061326_BAB 3.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of PBI_1708061326_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061326_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[thumbnail of PBI_1708061326_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061326_BAB 5.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of PBI_1708061326_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061326_LAMPIRAN.pdf

Download (32MB)

Abstract

Margareta Rati. 2021. Analisis Faktor-Faktor Pendukung Siswa Berprestasi Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 12 Nanga Lemedak Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd. Kata Kunci: Siswa berprestasi, pembelajaran tematik Penelitian ini ingin menggali faktor-faktor pendukung siswa berprestasi di kelas
IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung siswa berprestasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang hasilnya dideskripsikan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
terdiri dari lima siswa yang berprestasi tinggi di kelas, lima orang tua siswa, dan satu orang guru kelas. Tempat penelitian SDN 12 Nanga Lemedak, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu. Alat pengumpul data yang digunakan penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, lembar observasi, soal tes, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor Internal: a). Faktor Psikologis meliputi intelegensi siswa dengan kategori sangat cerdas, bakat siswa sangat mendukung siswa dalam berprestasi, siswa memiliki minat dan motivasi
yang sangat tinggi dalam belajar. b). Faktor Fisiologis meliputi penglihatan dan pendengaran yang sangat jelas serta alat gerak yang masih berfungsi dengan baik. (2). Faktor Eksternal: a). Faktor Lingkungan Keluarga meliputi orang tua siswa selalu mendampingi saat belajar, suasana rumah selalu tenang ketika siswa sedang
belajar, dan keadaan ekonomi selalu mecukupi kebutuhan keluarga. b). Faktor Lingkungan Sekolah meliputi guru selalu mendampingi dan memperhatikan setiap perkembangan dan prestasi belajar anak, alat/media pelajaran sangat mendukung untuk siswa berpresasi, kondisi gedung sekolah masih sangat layak untuk ditempati, dan kurikulum sudah berbasis K13. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah faktor internal dan faktor eksternal sangat mendukung siswa berprestasi tinggi di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:33
Last Modified: 22 Oct 2025 02:33
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item
View Item