Kristian, Kristian (2022) ANALISIS LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME SISWAKELAS IV SDN 02 NANGA DANGKAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061532_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1809061532_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_BAB 1.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of PBI_1809061532_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (372kB)
![[thumbnail of PBI_1809061532_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_BAB 3.pdf
Download (982kB)
![[thumbnail of PBI_1809061532_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (490kB)
![[thumbnail of PBI_1809061532_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_BAB 5.pdf
Download (292kB)
![[thumbnail of PBI_1809061532_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061532_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kristian, 2022. Analisis Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Nasionalisme Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Nanga Dangkan. Skripsi Program Studi PGSD Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Warkintin, M. Pd. Pembimbing II : Suparno, M. Pd.
Kata Kunci : Pembentukan, Karakter, Nasionalisme, Siswa dalam Lingkungan Sekolah Latar belakang penelitian ini adalah nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam diri siswa belum diterapkan secara optimal. Tujuan penelitian ini yang pertama tujuan secara umun yaitu untuk mengetahui bagaimana keadaan lingkungan
sekolah dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa sedangkan yang kedua tujuan secara khusus yaitu untuk mendeskripsikan keadaan lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa, untuk mendeskripsikan faktorfaktor yang mempengaruhi lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter
nasionalisme siswa serta untuk mendeskripsikan peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter nasionalisme siswa. Metodologi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data
lembar observasi, pedoman wawancara, studi dokumentasi dan dokumentasi. Tringgulasi sumber dilakukan dengan cara menanyakan hal yang sama melalui sumber yang berbeda, dalam hal ini sumber datanya adalah guru kelas dan siswa
kelas IV. Teknik analisis data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan konklusi penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini bahwa keadaaan lingkungan sekolah dapat membentukan karakter nasionalisme siswa, lingkungan
sekolah berperan dalam penanaman sikap nasionalisme karena lingkungan menjadi tempat dimana siswa berkembang untuk melakukan perubahan tingkah laku, guru mengkaitkan materi dengan proses pembelajaran sehingga siswa mampu menerapkan nilai-nilai nasionalisme di dalam kelas seperti mampu
bersikap sopan, disiplin dan tanggung jawab serta mampu berinteraksi di dalam lingkungan sekolah agar siswa mengalami perubahan tingkah laku dan memiliki kepribadian yang baik setelah menerima pengajaran yang disajikan guru. Faktor yang membentuk karakter siswa adalah karena faktor internal dan ekternal. Pada
faktor internal yaitu, dapat terjadi karena siswa dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Sedangkan faktor ekternal dapat terjadi karena siswa dipengaruhi oleh media masa, pergaulan didalam masyarakat dan kurangnya keaktiban siswa
dalam bersosialisasi didalam lingkungan. Lingkungan sekolah berperan penting dalam pembentukan nilai-nilai nasionalisme pada siswa, guru dapat memberikan penanaman nilai-nilai nasionalime melalui kegiatan, untuk menumbuhkan karakter jiwa nasionalime dalam diri siswa. Selain itu, sekolah tempat siswa untuk
memperoleh dalam berinteraksi di dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. dikarenakan tumbuh kembangnya anak dipengaruhi oleh bagaimana seseorang mampu untuk menyesuaikan diri dan bertingkah laku di dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:33 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:33 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2147 |