PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 13 LAUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Leonardus, Alpin (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 13 LAUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of BPI_1708061387_COVER.pdf] Text
BPI_1708061387_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BPI_1708061387_BAB 1.pdf] Text
BPI_1708061387_BAB 1.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BPI_1708061387_BAB 2.pdf] Text
BPI_1708061387_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[thumbnail of BPI_1708061387_BAB 3.pdf] Text
BPI_1708061387_BAB 3.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of BPI_1708061387_BAB 4.pdf] Text
BPI_1708061387_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of BPI_1708061387_BAB 5.pdf] Text
BPI_1708061387_BAB 5.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BPI_1708061387_LAMPIRAN.pdf] Text
BPI_1708061387_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Leonardus Alvin. Problematika Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Daring pada Masa Covid 19 di Kelas III SDN 13 Laung Tahun Ajaran 2020/2021. STKIP Persada Khatuliswa Sintang. Prodi PGSD.2021. Kata Kunci : Problematika Guru, Pembelajaran Daring.
Pembelajaran daring dalam praktiknya tidak berjalan dengan lancar dan menimbulkan berbagai permasalahan di Sekolah Dasar. Karena itu Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan problematika guru, bentuk-bentuk problematika dan upaya guru dalam mengatasi problematika penerapan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 13 Kelas III Laung, Kecamatan
Seberuang, Kabupaten Kapuas Hulu. Subyek Penelitian ini yaitu Guru, Siswa dan Orangtua Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis Data menggunakan model analisis interaktif menurut Miles & Huberman. Sedangkan teknik keabsahan data yaitu menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pada perencanaan pembelajaran adanya kebingungan yang terjadi pada guru. Pada aktivitas pelaksanaan pembelajaran daring peran guru tidak maksimal seperti biasanya, tidak memberikan pembelajaran tatap maya atau virtual karena keterbatasan jaringan dan anggaran. Pada Aktivitas evaluasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. (2)
pada aktivitas perencanaan pembelajaran daring, pada aktivitas pelaksanaan pembelajaran daring dan pada aktivitas evaluasi pembelajaran daring. (3) guru mengupayakan dan merancang materi ajar secara luring, memberikan kesempatan untuk belajar tatap muka di sekolah dua kali seminggu dengan protokol kesehatan
yang ketat dan tidak memberikan waktu istirahat, menetapkan batasan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dan ulangan semester serta mengembalikan hasil belajar kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:34
Last Modified: 22 Oct 2025 02:34
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item
View Item