MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS IV SDN 08 KENYAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Kintan, Kintan (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS IV SDN 08 KENYAUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061498_COVER.pdf] Text
PBI_1809061498_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061498_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061498_BAB 1.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of PBI_1809061498_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061498_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[thumbnail of PBI_1809061498_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061498_BAB 3.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of PBI_1809061498_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061498_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[thumbnail of PBI_1809061498_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061498_BAB 5.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of PBI_1809061498_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061498_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kintan.2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas IV SD Negeri 08 Kenyauk Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Andri, M.Pd, Pembimbing II: Melinda Rismawati, M.Pd.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning
Masalah penelitian ini yaitu hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Kelas IV SD Negeri 08 Kenyauk, 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan bentuk penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model yang digunakan adalah model Kurt Lewin dengan tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 08 Kenyauk tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas IV, guru kelas IV, kegiatan pembelajaran dan dokumen. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi (guru dan siswa), soal tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I
diperoleh rerata 86% (sangat baik). Pada siklus II hasil aktivitas siswa diperoleh rerata 90% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan 42%. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran
dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diperoleh rerata sebesar 93% (sangat baik). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 08 Kenyauk tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:07
Last Modified: 21 Oct 2025 07:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item
View Item