PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS KELAS IV SD NEGERI 10 SP 4 BANING PANJANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Julilea, Julilea (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS KELAS IV SD NEGERI 10 SP 4 BANING PANJANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061452_COVER.pdf] Text
PBI_1809061452_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061452_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061452_BAB 1.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of PBI_1809061452_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061452_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[thumbnail of PBI_1809061452_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061452_BAB 3.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of PBI_1809061452_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061452_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[thumbnail of PBI_1809061452_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061452_BAB 5.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of PBI_1809061452_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061452_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Julilea. 2022, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model KooperatifTipe Student Team Achievement Divisions Pada Materi Hubungan Antar Garis Kelas IV SD N 10 SP 4 Baning Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Andri, M. Pd. Pembimbing II: Olenggius JiranDores, M. Pd. Kata kunci: Hasil Belajar,Matematika, Model kooperatif,Student Team Achievement Divisions, SDN 10 SP 4 Baning Panjang Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe student team achievement divisions dikelas IV SDN 10 SP 4 Baning Panjang Tahun Pejaran 2021/2022. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, soaltes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengugunakan teknik analisis data secara
deskriktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui model kooperatif tipe student team achievement divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut digambarkan oleh: aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran siklus I dan siklus II berlangsung dengan baik tetapi masih ada beberapa siswa yang
kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus I nilai rata-rata observasi guru adalah 81,81%. Pada siklus II nilai rata-rata observasi guru mengalami peningkatan menjadi 100%. Pada siklus I nilai rata-rata observasi siswa adalah 81,81%. Pada siklus II nilai rata-rata observasi siswa mengalami peningkatan menjadi 90,90%.Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 SP 4 Baning
Panjang tahun pelajaran 2021/2022 adalah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 68,96%, meningkat pada siklus II menjadi93,10%. Dari hasil dan pembahasan penelitianini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe student team achievement divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:06
Last Modified: 21 Oct 2025 07:06
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item
View Item