ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 TENGADAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Hendi, Kuswanto (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 5 TENGADAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_141006784_COVER.pdf] Text
PBI_141006784_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_141006784_BAB 1.pdf] Text
PBI_141006784_BAB 1.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of PBI_141006784_BAB 2.pdf] Text
PBI_141006784_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[thumbnail of PBI_141006784_BAB 3.pdf] Text
PBI_141006784_BAB 3.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of PBI_141006784_BAB 4.pdf] Text
PBI_141006784_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of PBI_141006784_BAB 5.pdf] Text
PBI_141006784_BAB 5.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of PBI_141006784_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_141006784_LAMPIRAN.pdf

Download (942kB)

Abstract

Hendi Kuswanto. 2021, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Tengadak Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Andri, M.Pd Pembimbing II: Anyan, M.Kom Kata Kunci: Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar, Minat Belajar,
Matematika Dalam pelaksanaan pendidikan dilapangan, ada hal yang sangat penting dalam usaha mencapai tujuan pendidikan, yaitu minat belajar siswa. Minat belajar yang baik akan membuat siswa senang dengan proses belajar mengajar yang terjadi sehingga dapat mempengaruhi hasil yang mereka dapat. Sebaliknya jika sejak awal siswa tidak memiliki minat terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru, maka pembelajaran yang sedang berlangsung akan menjadi sia-sia tanpa ada hasil yang optimal. Dikarenakan untuk menghadapi Matematika membutuhkan konsentrasi yang tinggi, banyak juga siswa yang merasa bosan dan kesulitan didalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Dan faktor ini mengakibatkan Matematika menjadi mata pelajaran yang dijauhi oleh kebanyakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Tengadak tahun pelajaran 2020/2021 (2) Mendeskripsikan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika (3) Mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika. Narasumber yang digunakan dalam penelitian adalah siswa yang berjumlah 11 orang dan 1 orang guru kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif deskriptif metode yang digunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data Model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Didalam melaksanakan pembelajaran di kelas guru harus bisa meningkatkan minat belajar siswa. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Ketiga, Banyak sekali model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru, diantaranya adalah model pembelajaran kontekstual atau realistik, model pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru karena pendekatannya adalah dengan menggunakan hal-hal terdekat dengan lingkungan siswa. Media pembelajaran juga harus disiapkan oleh guru, media pembelajaran ini harus disesuaikan dengan materi yang sedang dipelajari pada hari tersebut. ix

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:03
Last Modified: 21 Oct 2025 07:03
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item
View Item